Sukses

Cakupan Vaksinasi Jadi Syarat Turunnya Level PPKM

Pemerintah menambah syarat untuk menurunkan level bagi kabupaten/kota selain penurunan kasus positif dan kematian, yaitu cakupan vaksinasi.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah daerah tercatat masih berada di level tertinggi atau level 4 dan 3 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Pemerintah pun menambah syarat untuk menurunkan level bagi kabupaten/kota selain penurunan kasus positif dan kematian, yaitu cakupan vaksinasi.

Seperti disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dalam penurunan level PPKM dari level 3 ke level 2, dan level 2 ke level 1 di Jawa dan Bali dibutuhkan syarat:

- Cakupan dosis 1 harus mencapai 50%, sedangkan cakupan vaksinasi lansia harus 40%. Sebagai syarat tambahan untuk turun level 3 ke 2.

- Cakupan dosis 1 harus mencapai 70%, sedangkan cakupan lansia 60%. Sebagaio syarat turun level 2 ke 1.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Target 2 Minggu

Menurut Luhut, untuk kota-kota yang berada di level 2, diberi waktu untuk mengejar target tersebut. "Jika tidak bisa mencapai maka statusnya bisa naik ke level 3," katanya.

Ia pun mengingatkan akan pentingnya vaksinasi di sejumlah daerah karena sudah terbukti bisa mencegah sakit parah, atau kematian terutama pada para lansia. 

3 dari 3 halaman

Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19? Jangan Kendor 5M!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.