Sukses

Hasil Studi Ungkap Vaksin AstraZeneca Bukanlah Penyebab Gangguan Pembekuan Darah

Belakangan, timbul kecemasan efek vaksin AstraZeneca yang dinilai dapat menjadi penyebab gangguan pembekuan darah.

Liputan6.com, Jakarta Hasil studi terbaru menyebutkan bahwa vaksin AstraZeneca bukanlah penyebab terjadinya pembekuan darah. Hal ini menepis keraguan masyarakat terhadap vaksin yang saat ini paling banyak digunakan penduduk dunia ini. 

Data yang diterbitkan oleh The Lancet menunjukkan, tingkat kejadian pembengkuan darah Thrombosis with Thrombocytopenia Syndrome (TTS) setelah dosis kedua vaksin AstraZeneca sebanding dengan tingkat kejadian pada populasi yang tidak divaksinasi.

"Hasil ini yang mendukung pemberian dua dosis vaksin AstraZeneca sesuai dengan indikasi. Kecuali apabila TTS muncul setelah dosis pertama," ucap Executive Vice President BioPharmaceuticals R&D, Sir Mene Pangalos seperti dikutip siaran pers yang diterima Liputan6.com.

Simak juga video berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dapat dihindari

Analisis tersebut juga dilakukan menggunakan databse keamanan global milik AstraZeneca, yang mencatat semua laporan efek samping yang timbul. Kejadian TTS yang masuk dalam laporan terjadi dalam kurun waktu 14 hari setelah pemberian dosis pertama atau kedua.

Tidak ada faktor risiko yang spesifik atau penyebab pasti terjadinya TTS setelah vaksinasi COVID-19. Selain itu, terjadinya TTS dapat dihindari apabila gejala segera diidentifikasi dan diobati dengan tepat.

"Vaksin AstraZeneca dapat membantu memberikan perlindungan terhadap varian baru yang kini kian meningkat dan memainkan peran yang penting dalam memerangi pandemi," jelas Pangalos.

Laporan terbaru Medicines and Healthcare products Regulatory Agency (MHRA), sebuah sistem yang digunakan untuk mengumpulkan atau memantau informasi keamanan vaksin AstraZeneca, juga menunjukkan tingkat TTS yang rendah setelah dosis kedua vaksin AstraZeneca.

3 dari 4 halaman

Dipasok ke 170 negara

Hingga saat ini, lebih dari 700 juta dosis vaksin AstraZeneca telah dipasok ke 170 negara di seluruh dunia. Presiden Direktur AstraZeneca Indonesia Sewhan Chon memastikan, AstraZeneca terus mendistribusikan pasokan vaksin ke seluruh dunia secara merata selama masa pandemi.

Pada 2 Agustus lalu, Indonesia baru saja kedatangan 620.000 dosis vaksin AstraZeneca, yang merupakan dukungan kerja sama dose-sharing bilateral dari Pemerintah Inggris. Kedatangan tersebut merupakan kedatangan vaksin COVID-19 tahap ke-33.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.