Sukses

Aksi Duta Perubahan Perilaku Satgas COVID-19, Gencar Kampanyekan Masker

Aksi Duta Perubahan Perilaku Satgas COVID-19, gencar kampanyekan penggunaan masker.

Liputan6.com, Jakarta Aksi Duta Perubahan Perilaku (DPP) Satuan Tugas Penanganan COVID-19, salah satunya gencar kampanyekan penggunaan masker. Hal ini rutin dilakukan sejak program DPP digulirkan pada September 2020 lalu, sudah sekitar 17 juta masker dibagikan ke masyarakat.

Selama pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM Darurat) mulai 3 Juli 2021, lebih dari 10.000 Duta Perubahan Perilaku secara khusus dikerahkan oleh Satgas Bidang Perilaku. Mereka mengedukasi hampir 2 juta orang dan membagikan sekitar 600.000 masker.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas COVID-19 Sonny Harry B. Harmadi mengatakan, pembagian masker ditujukan kepada masyarakat, terutama di Pulau Jawa dan Bali. Mereka umumnya terdiri dari mahasiswa, anggota pramuka, para kader keluarga berencana, dan Satpol PP.

"Selain membagikan masker, para duta juga mengedukasi masyarakat tentang bahaya COVID-19 dan pentingnya menjalankan protokol 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan serta mencuci tangan dengan air mengalir sebagai upaya pencegahan penularan," kata Sonny melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Kamis (22/7/2021) malam.

Kemarin, Satgas Penanganan COVID-19 Bidang Perubahan Perilaku membagikan 10.000 masker gratis dengan skema penyaluran melalui posko PPKM, yaitu di Kecamatan Matraman, Kota Jakarta Timur pada, Kamis (22/07/2021). Tak hanya masker, Satgas juga membagikan 40 liter hand sanitizer.

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kampanye Masker, Program Utama Sejak Awal Pandemi

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Satgas diberi kewenangan menangani COVID-19 di sisi hulu, yaitu penegakkan protokol kesehatan dengan aksi nyata di lapangan berupa pemberian masker gratis bagi masyarakat.

Skema pembagian masker dibagi menjadi dua, yakni melalui posko desa/kelurahan PPKM Mikro dan komunitas.

"Kami terus membagikan masker, tidak akan pernah berhenti. Hari ini (pembagian masker) bersama tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)," tambah Sonny Harry B. Harmadi.

Kampanye menggunakan masker, merupakan program utama sejak awal pandemi COVID-19. Ini satu kesatuan dengan upaya melakukan pencegahan penularan bersama dengan menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Upaya mengubah perilaku masyarakat dengan menggunakan masker dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

3 dari 4 halaman

Masker Gratis dapat Diambil di Posko PPKM

BNPB memberikan bantuan berupa masker dan handsanitizer untuk 6 Posko PPKM Kelurahan di Kecamatan Matraman meliputi Kelurahan Pisangan Baru, Kelurahan Utan Kayu Selatan, Kelurahan Utan Kayu Utara, Kelurahan Kayu Manis, Kelurahan Pal Meriam, dan Kebon Manggis.

Sebagaimana keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, Pelaksana Tugas Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Dody Ruswandi menyatakan, adanya stok masker di Posko PPKM Kelurahan ini, masyarakat yang tidak memiliki masker dapat mengambil di Posko PPKM sesuai dengan kebutuhan secara gratis.

Masing-masing kelurahan di atas akan mendapatkan bantuan sebanyak 10.000 masker dan 10 jerigen hand sanitizer. Total bantuan yang diberikan di 6 kelurahan di kecamatan Matraman sebanyak 60.000 masker dan 60 jerigen hand sanitizer.

Penyerahan bantuan langsung diberikan secara simbolis oleh Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Prasinta Dewi kepada Wakil Walikota Jakarta Timur Hendra Hidayat di lapangan kantor Kecamatan Matraman, Jakarta Timur pada Rabu, 21 Juli 2021.

4 dari 4 halaman

Infografis Cara Pakai Masker Dobel yang Benar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.