Sukses

Ada Orang Tua Tetap Pakai Masker di Dalam Rumah, Ini Alasannya

Penghuni tetap memakai masker bila ada orang tua di dalam rumah guna mencegah penularan akibat COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Di rumah Anda ada orang tua atau sudah lanjut usia? Dokter spesialis penyakit dalam yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Ari Fahrial Syam menyarankan agar penghuni rumah tetap memakai masker bila ada orang tua di dalam rumah.

“Hasil studi FKUI dan Dinkes DKI Jakarta pada tahun lalu dan juga sudah dipublikasikan, menemukan bahwa usia tua, sesak nafas, pneumonia dan riwayat hipertensi berhubungan dengan risiko kematian,” ujar Ari di Jakarta mengutip Antara.

Semakin orang tua, maka semakin tinggi angka kematian bila terpapar COVID-19. Maka dari itu, sebagai pencegahan yang berusia lebih muda, bila di dalam rumah tetap memakai masker saat kontak dengan orang tua.

Dalam penelitian tersebut disebutkan persentase kematian meningkat seiring dengan semakin tuanya usia pasien itu. Pasien orang tua diatas 70 tahun dengan persentase 30,11 persen, pasien umur 50 tahun hingga 69 tahun dengan persentase 14,7 persen, dan pasien 20 tahun hingga 49 tahun dengan persentase 3,38 persen.

“Melihat data riset di Jakarta ini dengan responden sebanyak 4.052 pasien COVID-19 memberikan pesan penting untuk kita semua. Kalau orang tua kita hanya tinggal saja di rumah, maka jika terinfeksi pastinya dari orang sekitar yang bolak balik masih ke luar rumah,” ujar dia.

Oleh karena itu, pihaknya menghimbau agar masyarakat tetap menggunakan masker jika ada orang tua di rumah, untuk mencegah penularan COVID-19 pada orang tua.

“Masker InsyaAllah menyelamatkan kita, orang sekitar dan orang tua kita,” kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Pakai Masker yang Benar

Wiku Adisasmito, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, mengatakan seseorang bisa menggunakan masker yang memiliki kawat di bagian hidungnya.

Menurutnya, penting agar masker bisa menutup hidung dengan benar. Hal ini bertujuan menyesuaikan dengan bentuk hidung, dan mencegah adanya celah masuknya virus.

"Penyangga masker juga dapat digunakan, agar masker bisa dipakai dengan sempurna dan menyesuaikan dengan bentuk wajah. Gunakan penyangga masker dengan bahan yang elastis, agar tetap nyaman saat digunakan," kata Wiku.

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Pakai Masker Dobel yang Benar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini