Sukses

Batasi Informasi Negatif untuk Cegah Stres Selama PPKM Darurat

Liputan6.com, Jakarta Beberapa pekan ini mungkin kita sering mendengar ada banyak kabar kurang menyenangkan soal COVID-19. Psikolog menyarankan untuk membatasi mengakses informasi negatif selama pandemi, terutama PPKM darurat untuk mencegah stres yang dapat menurunkan imunitas tubuh.

"Bukan kita tidak boleh mengetahui data tapi agar kita bukan untuk menjadi kita takut dan menjadi over protektif," kata Intan yang merupakan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Intan Erlita, dalam Instagram Live Talkshow series Hometown Dairy.

Ia menjelaskan, masyarakat harus lebih jeli dalam mengonsumsi informasi dan tidak terjebak narasi hoaks.

"Menyaring berita apa yang masuk kepada diri kita baik melalui media sosial, berita TV, maupun WA Group yang ada," kata Erlita mengutip Antara.

Kemudian, manfaatkan waktu bersama untuk merencanakan hal-hal seru yang dilakukan bersama keluarga di rumah.

"Kita sebutnya adalah tim. Duduk bareng suami dan anak-anak, kira-kira di masa di rumah aja ini kita mau melakukan apa saja yang seru bersama, " katanya.

"Mencari hobi yang bisa melibatkan bersama-sama keluarga di rumah."

Hal lain yang sebaiknya dilakukan selama di rumah adalah menjaga interaksi antara anak dan orangtua, serta menjaga cakupan gizi dan nutrisi keluarga.

"Karena bagaimanapun Anak-anak membutuhkan interaksinya dengan orang tua," kata dia, "Kesegaran dan nutrisi alaminya, Susu Hometown dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan imunitas."

 

2 dari 3 halaman

Berdoa

Selain itu, Intan juga merangkum beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga pikiran dan meningkatkan kesehatan, salah satunya adalah berdoa.

"Meskipun ikhtiar kita sudah maksimal, tetapi kedekatan kita kepada Tuhan Yang Maha Pencipta ini juga membuat kita lebih tenang," kata dia.

3 dari 3 halaman

Infografis