Sukses

Lampu Kuning BOR COVID-19 di RS Hasan Sadikin Bandung

Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menyebutkan keterisian ranjang perawatan atau Bed Occupancy Rate (BOR) pasien COVID-19 sudah mencapai 72,3 persen dari seluruh kapasitas.

Liputan6.com, Bandung - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menyebutkan keterisian ranjang perawatan atau Bed Occupancy Rate (BOR) pasien COVID-19 sudah mencapai 72,3 persen dari seluruh kapasitas.

Menurut Pelaksana Harian Direktur Pelayanan Medik, Perawatan dan Penunjang RSHS Yana Akhmad Supriatna, rinciannya dari 224 ranjang perawatan pasien COVD-19, sudah terisi oleh 162 pasien.

"Itu terdiri dari isolasi biasa, mencakup BOR 71 persen. Sedangkan BOR untuk ICU-nya itu mencapai 79 persen. Tetap semuanya sudah lampu kuning ya, jadi kami harus berusaha bagaimana meningkatkan dari kapasitas tempat tidur ini," ujar Yana dalam keterangan daring dari RSHS Bandung, Selasa, 15 Juni 2021.

Yana mengatakan khusus grafik kunjungan pasien COVID-19 ke ruang isolasi di Instalasi Gawat Darurat (IGD), terus mengalami penaikan usai Hari Raya Lebaran 2021.

 

Simak Juga Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sebelum Lebaran

Yana menjelaskan sebelum Hari Raya Lebaran 2021, kunjungan pasien COVID-19 ke ruang isolasi IGD rerata 10 orang per hari.

"Pasca Lebaran mulai meningkat, mulai belasan kemudian di awal (Lebaran 2021) sudah mencapai 20 orang. Nah, sekarang ini trennya di kisaran 30 orang," kata Yana.

Yana meyakini belum ada indikasi menurunnya jumlah pasien COVID-19 yang datang ke RSHS.

Yana memperkirakan saat ini bukan puncak kenaikan kasus COVID-19 di IGD RSHS.

"Hari Minggu sudah berkunjung 33 orang, hari Senin kemarin 30 orang dan pagi tadi sudah datang 13 orang ke IGD isolasi," ucap Yana. (Arie Nugraha)

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.