Sukses

4 Kunci agar Tetap Sehat di Usia Tua Menurut Ahli

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak ingin hidup sehat meskipun sudah berumur. Memiliki kebiasaan yang sehat sejak dini sangat memungkinkan Anda untuk hidup lebih lama dengan tetap bugar.

Berikut ini beberapa tips dari dokter penyakit dalam, ahli gizi terdaftar dan pelatih bersertifikat untuk memastikan Anda menua dengan baik.

1. Makanan yang Bervariasi

Dilansir dari Livestrong, seorang juru bicara media nasional untuk Academy of Nutrition & Dietetics yang berbasis di Seattle, Angel Planells, MD, RDN, mengatakan variasi makanan merupakan faktor penting untuk membangun pola makan sehat untuk umur panjang.

"Mengonsumsi berbagai macam makanan, seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, susu dan daging serta protein non-daging, membantu memberi tubuh saya bahan bakar dan membuatnya berjalan seperti mobil sport ber-oktan tinggi," katanya.

Seperti yang dijelaskan Planells, variasi mengalahkan kebosanan dan memastikan tubuh mendapat berbagai nutrisi, termasuk karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Bahkan dari protein bisa Anda ubah-ubah sesuai selera, seperti beralih antara ayam, ikan, domba, dan sapi serta ngemil dengan kacang-kacangan dan biji-bijian. Selain digunakan untuk membangun dan memperbaiki otot serta mempertahankan kekuatan kerangka Anda, protein juga penting untuk kesehatan rambut dan kuku, katanya.

 

2 dari 4 halaman

2. Bergerak Setiap Hari

Seorang profesor kedokteran klinis di NYU Langone Health dan direktur senior NYU Langone Internal Medicine Associates yang bernama Eric Goldberg, MD, memiliki kebiasaan mengawali hari dengan lari pagi. Meskipun karena pandemi sehingga ia melakukan beberapa penyesuaian untuk menjaga kebugarannya. Misalnya berlari lebih sering dalam beberapa hari dalam seminggu dengan jarak yang lebih pendek.

Menurutnya, kegiatannya ini tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik dan mentalnya saat ini, tetapi juga melindungi dari risiko frailty/kerapuhan di masa depan. Menurut Medical University of South Carolina, Frailty adalah sindrom di mana hilangnya otot menyebabkan kelemahan, kelambatan, daya tahan yang buruk dan tingkat aktivitas fisik yang rendah. Terlebih kerapuhan tidak bisa dihindari dengan penuaan.

"Kebiasaan biasanya membutuhkan waktu sebulan untuk dibangun, jadi konsistensi sangat penting. Setelah diintegrasikan ke dalam rutinitas Anda, mereka lebih mudah dipertahankan," katanya.

3. Cukup Tidur

Pendiri dan direktur medis di Priority You MD di Clearwater, Florida Brent Agin, MD, mengatakan, ia menargetkan 7 hingga 8 jam tidur per malam.

"Kualitas tidur lebih penting daripada kuantitas dalam banyak kasus, jadi saya tidak mencoba mencapai siklus tidur yang tidak realistis," katanya. Bahkan menurutnya, tidur jika diimbangi dengan diet kaya nutrisi dan olahraga teratur merupakan gaya hidup sehat yang menjadi kekuatan pendorong menua dengan sehat.

Ia menyarankan Anda yang kekurangan komponen tidur untuk mulai menargetkan tidur lebih dari enam jam dan kemudian secara bertahap menambahkan 15 menit dari lamanya tidur yang terakhir sampai Anda mencapai durasi yang terasa nyaman bagi Anda. Menurut Journal of American Heart Association, tidur kurang dari enam jam per malam dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih tinggi dari penyakit jantung, stroke dan kanker.

4. Berolahraga berdasarkan Tiga Pilar

"Untuk memastikan saya siap menghadapi penuaan yang sehat, saya berpegang pada gagasan bahwa pelatihan saya beragam dan mencakup tiga pilar yang selalu saya ikuti: pelatihan kardiovaskular untuk jantung, pelatihan kekuatan untuk kesehatan dan fleksibilitas tulang, dan mobilitas pelatihan untuk keseimbangan," kata Aleksandra Stacha-Fleming, pelatih pribadi bersertifikat dan pendiri Longevity Lab NYC.

Sehingga tujuan berolahraga bukanlah penampilan atau tipe tubuh tertentu, melainkan untuk tubuh bisa bergerak bebas dan Anda bisa melakukan apa yang perlu dilakukan dengan mandiri. Karena siapa yang tidak senang bisa dengan semangat melakukan tugas sehari-hari tanpa kehabisan napas meskipun usia sudah menua. Maka kita harus mengusahakan hal ini setiap hari.

3 dari 4 halaman

Infografis Kiat Makan Sehat Kala Lebaran

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini: