Sukses

Dokter: Ibu Hamil yang Berpuasa Usahakan Minum 12 Gelas Air

Begini cara memenuhi kecukupan air putih untuk ibu hamil yang memilih ikut puasa.

Liputan6.com, Jakarta - Mencukupi kebutuhan air menjadi kewajiban bagi ibu hamil, walaupun sedang menjalankan puasa.

Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(K), MPH, seorang Obstetri dan Ginekologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) mengingatkan agar ibu hamil tetap mengusahakan minum delapan hingga 12 air sehari.

Terlebih lagi pada kondisi ibu yang sedang menyusui. Kebutuhan cairan dalam tubuh ibu menyusui jauh lebih tinggi lagi.

Bahkan, dianjurkan bagi ibu menyusui untuk meminum segelas air setiap kali akan menyusui anaknya. Karena dengan meminum segelas air sebelum menyusui, akan merangsang keluarnya ASI.

Sehingga, Prof Dwiana lebih menganjurkan bagi ibu yang sedang menyusui untuk fokus memberikan ASI secara maksimal. Puasa ramadan dapat yang terlewatkan masih dapat digantikan dilain waktu.

Simak Juga Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Mengatur Minum 12 Gelas Sehari?

Minum 12 gelas air dalam sehari mulai dari berbuka puasa hingga akhir waktu sahur, mungkin membingungkan bagi sebagian ibu hamil untuk mengaturnya. Oleh karena itu, Prof Dwiana menganjurkan agar ibu hamil lebih cermat dalam menghitung kandung air dan gizi pada makanan yang dikonsumsi.

“Para ibu hamil harus sangat cermat untuk mempelajari bagaimana cara menghitung makanan yang mengandung air cukup dan gizi cukup. Contohnya, jika ibu senang mengonsumsi es cendol yang kandungan air dan gulanya sama banyak, maka ubahlah menjadi opsi lain, misalnya saja sop buah,” ujar Prof Dwiana.

Namun, konsumsi sup buah harus dengan catatan. Jangan gunakan susu kental manis, gunakanlah susu segar dan berikan sedikit gula. Karena rasa manis sudah didapati dari buah-buahan yang dimasukkan, seperti semangka, melon, kismis, apel, atau buah-buahan dengan kandungan air lainnya.

Selain itu, sup buah juga bisa ditambahkan dengan agar-agar. Prof Dwiana mengatakan, agar-agar mengandung serat dan air yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Apalagi pada ibu hamil yang sering mengeluh terus merasa lapar, agar-agar dapat menguranginya.

Jadi, 12 gelas air yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil tidak hanya diperoleh dari air mineral saja. Melainkan bisa lewat makanan dengan kandungan air, seperti sup buah, sup sayuran, atau buah dan sayuran yang kaya akan kandungan air.

Ibu hamil juga sangat tidak disarankan mengonsumsi makanan kering.

 

 

Penulis: Rissa Sugiarti    

3 dari 3 halaman

Infografis Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.