Sukses

Wajah 8 Calon Paskibraka Provinsi Banten Wakil Kota Tangerang Selatan

Delapan Paskibraka Kota Tangerang Selatan tersebut telah melalui serangkaian tes

Liputan6.com, Banten - Delapan peserta seleksi Paskibraka Kota Tangerang Selatan tahun 2021 terpilih untuk mengikuti seleksi di tingkat Provinsi Banten.

Para pelajar yang berasal dari lima Sekolah Menengah Atas (SMA) di Tangerang Selatan tersebut layak melenggang mengikuti seleksi ke tingkat yang lebih tinggi setelah melakukan serangkaian tes.

Tes yang dilaksanakan di Pamulang Community Center, Kota Tangerang Selatan, pada Rabu (7/4) dan Kamis (8/4) terdiri dari Tes Pengetahuan Umum, Tes Pembinaan Ideologi Pancasila, Wawancara dan Bakat Minat, SAMAPTA, tes PBB (Peraturan Baris Berbaris), dan Parade.

 Salah seorang juri dari Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan, Syarif Hidayat SPd, tidak mempungkiri bahwa masih ada hal yang harus diperbaiki dari delapan orang tersebut.

"Tapi enggak jelek juga. Dari nilai, mereka bagus. Fisik juga mendukung," kata Syarif kepada Diary Paskibraka Liputan6.com pada Kamis, 8 April 2021.

"Kayak dia (menunjuk ke peserta), nilainya oke, fisiknya oke (bisa push up lebih dari 30 kali dalam satu menit), tapi dari baris-berbarisnya harus diasah lagi biar semakin oke," Syarif menambahkan.

Hal senada juga diungkap Bripka Ardes Maryanata dari Polisi Sektor (Polsek) Cisauk,"Kalau kita mencari yang sempurna banget sekarang, enggak akan ketemu. Pasti ada saja yang kurang. Cuma kita lihat lagi, kalau kurang dan lebihnya kita sandingkan, lalu ternyata poin lebihnya itu yang terbanyak, ya sudah, berarti itu.".

Bripka Ardes yang juga anggota Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Tangerang Selatan lalu mencontohkan salah seorang peserta yang lolos untuk mengikuti seleksi Paskibraka Provinsi Banten.

"Dia (peserta puteri) tingginya bagus, semuanya bagus, sayangnya terlalu kurus. Makanya saya berpesan ke dia untuk menaikkan berat badannya sebanyak empat sampai lima kilogram," ujarnya. 

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masih Harus Seleksi di Tingkat Provinsi Banten

Lebih lanjut Pembina Paskibraka Kota Tangerang Selatan, Eka Imelda Novitasari atau yang akrab disapa Ophy menjelaskan bahwa delapan pelajar tersebut masih harus berjuang agar bisa lolos seleksi sebagai Paskibraka Provinsi Banten.

Terlebih saat di tingkat Provinsi Banten nanti sekaligus untuk memilih siapa yang layak diikutsertakan dalam seleksi Paskibraka di tingkat Nasional tahun 2021.

"Tes mereka masih banyak," kata Ophy. 

Ophy, mengingatkan, delapan orang itu statusnya saat ini cuma terpilih untuk mengikuti seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di tingkat Provinsi Banten. 

"Akan tetapi, andai provinsi hanya butuh misalnya enam orang dari tiap-tiap kota, dua yang tidak terpilih ini nantinya akan bertugas di tingkat Kota Tangerang Selatan," Ophy menambahkan.

Sementara itu Kepala Bidang Pengembangan Kepemudaan, Endang ST, berharap bahwa delapan orang Paskibraka Kota Tangerang Selatan tahun 2021 itu lolos di tingkat Provinsi Banten.

"Biasanya yang bertugas di tingkat Provinsi Banten sekitar 50 orang. Saya maunya dan berharap mereka ini lolos semua, bahkan ada di antara mereka yang nantinya lolos untuk mengikuti seleksi Paskibraka tingkat Nasional mewakili Banten," kata Endang.

 

3 dari 3 halaman

Inilah Delapan Calon Paskibraka Provinsi Banten dari Kota Tangerang Selatan

Dan, inilah delapan orang calon Paskibraka Provinsi Banten perwakilan Kota Tangerang Selatan tahun 2021:

PUTERA

1. Mochammad Naufal Pradana : SMA Labschool Cirendeu

2. Rizky : SMA Cikal Harapan

3. M Adhichandra Wibowo : SMA Negeri 3 Kota Tangerang Selatan

4. Risyad Nabiel : SMA Global Islamic School 

PUTERI

1. Grace Amalia Angelita Sinaga : SMA Negeri 7 Kota Tangerang Selatan

2. Rania Fazila Syarif Matondang : SMA Labschool Cirendeu

3. Ibtihal Mardiah : SMA Global Islamic School

4. Sabrina Nauli Manuturi Tampubolon : SMA Labschool Cirendeu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.