Sukses

Takhayul yang Paling Ditakuti, Jalan di Bawah Tangga

Bukan hanya orang Indonesia yang sering percaya takhayul. Negara maju juga melakukan hal yang sama, terbukti dengan penelitian yang menemukan orang Inggris banyak yang percaya takhayul. Salah satu yang paling ditakuti berjalan di bawah tangga.Kok bisa?

Liputan6.com, London: Bukan hanya orang Indonesia yang sering percaya takhayul. Negara maju juga melakukan hal yang sama, terbukti dengan penelitian yang menemukan orang Inggris banyak yang percaya takhayul.

Penelitian ini dilakukan The Betway Group yang mengungkapkan bahwa lebih dari 10 juta orang tidak ingin berjalan di bawah tangga karena takut bernasib sial, sementara sembilan juta orang lainnya percaya bahwa memecahkan kaca bisa sial selama tujuh tahun.

Tak hanya takut sial, tampaknya orang-orang juga mempercayai takhayul ketika membawa keberuntungan. Lebih dari 800.000 orang di Inggris mengaku mereka percaya pada kekuatan pakaian yang membawa keberuntungan, sementara 2,7 juta orang mengaku percaya dengan keyakinan di masa kecil bahwa meniup lilin ulang tahun dengan satu tiupan, keinginan Anda akan terkabul.

Begitu juga soal angka-angka. Angka tujuh sebagai nomor keburuntungan seperti David Beckham yang bermain dengan mengenakan baju nomor tujuh, bahkan memberikan nama untuk putrinya seven.

Richard Wiseman, Profesor Public Understanding of Psychology di University of Hertfordshire mengatakan orang bisa menciptakan keberuntungan dan kesempatan yang baik dengan mengubah padangan mereka tentang hidup, dengan fokus untuk mengambil kesempatan dan menciptakan harapan positif.

"Orang juga menciptakan takhayul mereka sendiri dan ritual yang dipercaya bisa mengubah keberuntungan," ujar Wiseman seperti dikutip dari Dailymail, Sabtu (10/11/2012).

Wiseman mencontohkan, banyak orang yang mengenakan pakaian sepakbola yang membawa keberuntungan, yang akan mengubah mood mereka untuk memberikan dorongan yang nyata selama pertandingan.

"Ini mungkin dengan pemograman saraf yang berpikir diri Anda akan beruntung," jelasnya.

Berikut takhayul yang sering dipercaya orang.
  1. Jika Anda berjalan di bawah tangga, Anda akan bernasib buruk
  2. Memecahkan cermin akan membuat sial tujuh tahun
  3. Membuka payung di dalam rumah akan membawa sial
  4. Menempatkan sepatu baru di atas meja membawa sial
  5. Jumat tanggal tiga belas adalah hari sial
  6. Jika kucing hitam melintasi, Anda akan bernasib buruk
  7. Jika Anda meniup semua lilin pada kue ulang tahun Anda dalam satu tiupan, Anda akan mendapatkan apa pun yang Anda inginkan.
  8. Berjalan di atas saluran air membawa sial
  9. Potongan rambut pertama bayi harus disimpan untuk keberuntungan
  10. Kaki kelinci membawa keberuntungan
  11. Mengindari jalan yang retak untuk menghindari nasib buruk
  12. Mencuci mobil akan membawa hujan
  13. Mengenakan celana tertentu akan membawa keberuntungan.
Sementara nomor-nomor yang membawa keberuntungan
  1. Tujuh
  2. Tiga Belas
  3. Tiga
  4. Delapan
  5. Lima
(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.