Sukses

Terpapar Virus Corona Varian Baru B117 dari Inggris, 2 Warga Jabar Jalani Isolasi

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengumumkan dua warga Kabupaten Karawang terpapar virus Corona varian baru dari Inggris (UK 117). Warga tersebut diketahui terpapar varian baru virus Corona dari Inggris B117 usai bepergian dengan menggunakan maskapai penerbangan Qatar Airways.

Menurut Ridwan Kamil, standar penanganan penyakit infeksi menular khusus selama 10 hari langsung dilakukan setelah pasien mendarat. Tetapi saat ini virus B117-nya tidak hilang.

“Tim sedang melacak, mengisolasi tambahan, tracing dan testing lagi kepada kontak erat. Saya titip kepada Bupati Karawang, Dandim, Kapolres dan seluruh jajaran, jangan sampai kecolongan membesar, kita akhirnya tidak bisa mengendalikan. Mumpung baru kecil dan juga bisa ada hal-hal lain untuk segera kita deteksi. Kita tahu kalau sudah telat, harga treatment-nya itu sangat mahal sekali,” ujar Ridwan Kamil dalam keterangan daring dari Makodam III Siliwangi, Bandung, Rabu, 3 Maret 2021.

Ridwan Kamil memastikan virus Corona UK B117 ini menular akibat kedua warga Kabupaten Karawang bepergian ke luar negeri, sehingga bukan penularan secara lokal.

 

2 dari 4 halaman

Menunggu Kajian Dinkes

Ridwan Kamil menyebutkan dalam penanggulangan terhadap virus Corona UK 117 ini, tengah menunggu kajian dari Dinas Kesehatan Jawa Barat dan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.

“Walaupun tadi dilaporkan per hari ini, keduanya sudah dinyatakan negatif terpapar. Jadi faktanya adalah hadir di Indonesia, menjangkiti dua warga Karawang. Kita lagi kontak tracing. Namun, keduanya sudah negatif per hari ini tapi kita akan tes berkali-kali. Memastikan hal-hal lain yang tidak merugikan,” kata Ridwan Kamil. 

Ridwan Kamil menyebutkan otoritasnya tetap mengisolasi kedua warga Kabupaten Karawang. Mereka diisolasi di rumahnya masing-masing karena hasilnya sudah negatif paparan virus Corona UK 117.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengumumkan ini menjadi kasus pertama di Indonesia sejak varian tersebut mewabah di Inggris pada September 2020.

"Tepat 1 tahun hari ini, kita menemukan mutasi B117, UK mutation, di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan dua kasus," kata Dante. (Arie Nugraha)

3 dari 4 halaman

Infografis

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini