Sukses

Jamu Cabe Puyang, Ramuan Rahasia Para Raja Jawa Jaga Vitalitas

Liputan6.com, Jakarta - Jamu adalah minuman obat tradisional yang tak asing dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Jamu sendiri memiliki berbagai jenis dan khasiat, salah satunya jamu cabe puyang yang memiliki keistimewaan tersendiri.

Jamu cabe puyang merupakan salah satu jenis ramuan herbal yang disebut sebagai rahasia raja-raja jawa. Disebut demikian karena ramuan ini memiliki khasiat untuk menjaga vitalitas.

Menurut dr. Ratna Asih, M.Si dari Perkumpulan Dokter Pengembangan Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) jamu cabe puyang juga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dan meningkatkan stamina.

“Jamu cabe puyang bagus untuk peredaran darah, stamina, dan vitalitas, rahasia raja-raja jawa katanya cabe puyang ini,” ujar Ratna dalam webinar Geriatri TV ditulis Senin (18/1/2021).

Ia menambahkan, walaupun vitalitas selalu identik dengan laki-laki, tapi sebenarnya perempuan pun perlu menjaga vitalitas dan dapat mengonsumsi jamu ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat

Ratna juga menyampaikan cara membuat jamu cabe puyang yang dapat dipraktikkan di rumah.

Hal pertama yang perlu disiapkan adalah bahan-bahannya. Jamu cabe puyang terbuat dari campuran bahan-bahan berikut:

-15 buah cabe jawa.

-1 kg lempuyang segar.

-1/4 kg kunyit segar.

-Garam secukupnya.

-3 liter air.

Setelah semua bahan terkumpul, cuci bahan-bahan dengan air mengalir hingga bersih. Selanjutnya, haluskan kunyit dan lempuyang kemudian peras.

Tambahkan air, cabe jawa, dan garam, rebus hingga mendidih. Setelah mendidih, saring dan dinginkan.

Selain dapat melancarkan peredaran darah, meningkatkan stamina, dan vitalitas, rahasia para raja Jawa ini juga dapat mengurangi pegal-pegal, tutup Ratna.

3 dari 4 halaman

Infografis Waspada 5 Gejala COVID-19 pada Anak

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini: