Sukses

Peti Mati di Jerman Menumpuk, Imbas Kematian Akibat COVID-19 Melonjak

Kematian akibat COVID-19 yang terus bertambah membuat peti mati di Jerman jadi menumpuk

Liputan6.com, Jakarta - Kematian akibat COVID-19 di Jerman terus bertambah setiap harinya. Imbasnya, menumpuknya peti mati hingga tiga tingkat di krematorium di Meissen, Jerman.

Bahkan, ruangan kantor yang biasanya kosong, kini dipakai untuk menaruh peti mati. Lorong-lorog tempat krematorium juga dipenuhi peti mati.

Pemiliki krematorium di Meissen, Joerg Schaldach, mengatakan, dirinya belum pernah melihat angka kematian yang begitu tinggi yang seperti saat ini. Untuk awal tahun, biasanya dia kedatangan 70-100 peti mati.

"Kami sekarang menerima 400 peti mati dalam seminggu untuk kremasi," ujar Schaldach seperti dikutip Channel News Asia pada Sabtu, 16 Januari 2021.

Menurut Schaldach, peningkatan datangnya jenazah mulai terjadi pada pertengahan November 2020.

“Kami telah menumpuk banyak peti mati, itu berarti kami telah memindahkan 750 ton (orang) yang meninggal," Schaldach menambahkan.

 

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Butuh Waktu untuk Menurunkan Peti Mati

Saking penuhnya, mobil pengantar jenazah harus menunggu lama untuk dapat menurunkan peti mati dari mobil dan membawanya ke krematorium.

"Biasanya 10-15 menit, kita masuk, bongkar muat, ke kantor dengan kelengkapan administrasi, dan kita berangkat. Namun hari-hari ini, hampir 90 menit," ujar supir mobil pengantar jenazah, Matthias Moebius.

Krematorium tersebut juga dilaporkan kekurangan pekerja karena banyaknya panggilan untuk kremasi. Para pekerja terpaksa bekerja lembur dan merelakan akhir pekan mereka. Para pekerja yang telah pensiun juga dipanggil kembali untuk bekerja.

Seperti Ingo Thoering, 76 tahun, yang telah pensiun dari pekerjaannya di krematorium. Namun, akhirnya dia memutuskan bekerja kembali untuk membantu, meskipun di umurnya yang nyaris kepala 8, sangat berbahaya jika dia terpapar COVID-19.

 

3 dari 3 halaman

Kehabisan Ruangan untuk Peti Mati

Di krematorium lainnya seperti di kota Dresden, mereka juga melaporkan telah kehabisan ruangan untuk peti mati. Sebagai tempat sementara, mereka menggunakan sebuah aula yang biasanya digunakan untuk menyimpan peralatan perlindungan banjir.

Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), per 13 Januari pukul 06.51, kasus positif COVID-19 di Jerman telah mencapai 1.953.426 kasus, dengan 42.637 kasus kematian.

Jerman telah menutup restoran dan fasilitas budaya serta tempat rekreasi pada November lalu, dan kemudian juga menutup sekolah dan sebagian besar toko pada Desember 2020. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran Virus Corona semakin meluas.

Penulis: Rizki Febianto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.