Sukses

Latihan ini Paling Bagus Bikin Perut Buncit jadi Sixpack

Liputan6.com, Jakarta - Perut buncit mulai terasa mengganggu? Kebanyakan orang akhirnya memilih latihan yang tujuannya mengusir lemak di perut. Sayangnya lemak di perut itu termasuk yang tidak bisa dibuang dengan squat atau crunch di perut yang berulang kali. Serius?

Dr Stuart Farrimond, seorang dokter yang juga penulis, menjelaskan soal lemak penyebab perut buncit dalam bukunya The Science of Living.

“Lemak tidak dapat berubah menjadi otot: mereka adalah dua jaringan yang sangat berbeda dan berdiri sendiri,” kata Farrimond.

Menurutnya, lemak adalah jaringan kuning bergelombang, terdiri dari jutaan sel yang disebut sel adiposa, masing-masing mengandung tetesan kecil lemak.

Otot panjang, berisi protein, serat merah berlistrik yang memendek dan menebal saat berkontraksi.

“Saat Anda berolahraga, tubuh Anda menggunakan cadangan lemak dari seluruh tubuh dan tidak dari area yang melakukan kerja keras,” kata Farrimond.

 

 

2 dari 5 halaman

Penelitian oleh Universitas Massachusetts

Untuk menghilangkan semua keraguan, kata Farrimond, dilakukan sebuah penelitian yang dilakukan tim peneliti Universitas Massachusetts

Para peneliti mengamati sukarelawan yang menjalani program pelatihan sit-up selama 27 hari, di mana masing-masing orang melakukan crunch lebih dari 5.000 kali setiap harinya.

“Berkat latihan ekstra, jaringan lemak mereka berkurang - setiap tetesan minyak di sel adiposa menyusut sedikit - tetapi penyusutan itu sama persis di seluruh tubuh mereka,” ujarnya.

Latihan pengurangan titik tersebut, lanjut Farrimond, jika cukup intensif, mungkin tampak berhasil pada awalnya karena lemak hilang di area target, tetapi Anda akan melihat bahwa lemak juga hilang di seluruh tubuh.

3 dari 5 halaman

Crunch dengan Bola Latihan

Farrimond bilang, apabila menjalani latihan otot perut selama berminggu-minggu, otot perut memang akan lebih terlihat. Tapi Anda mungkin bisa melakukannya lebih cepat dengan latihan yang berbeda.

“Salah satu latihan terbaik yang membangun otot abs adalah crunch di atas bola latihan,” pungkasnya.

Crunch ini hampir mirip dengan sit up karena dilakukan dalam posisi berbaring. Cuma bedanya hanya tubuh bagian atas yang diangkat, tidak sepenuhnya seperti sit-up.

Bila dilakukan dengan rutin, perut bisa tampak lebih ramping dan tubuh lebih fit.

4 dari 5 halaman

Infografis

5 dari 5 halaman

Simak juga Video Menarik Berikut Ini