Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Hati-hati, Perut Berlapis Lemak Bisa Bikin Kecerdasan Berkurang

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak sekali alasan mengapa Anda harus mempertahankan pola hidup sehat dan menjaga berat badan ideal. Ternyata berat badan ideal bukan saja demi kecantikan semata. Siapa sangka, perut dengan lemak berlebih dapat mempengaruhi kemampuan Anda berpikir.

Melansir laman studyfinds.org, Kamis (26/12/2019), menurut sebuah penelitian yang digelar Iowa State University, perut yang berlemak berpengaruh secara negatif ada kemampuan berpikir seseorang serta pada kemampuannya merespons suatu topik. Dengan kata lain, kurangnya otot dengan berat badan berlebih dapat menurunkan kecerdasan seseorang.

Menurut tim peneliti, pengikisan kemampuan berpikir ini disebabkan oleh kerja berlebih dari sistem kekebalan tubuh bagi orang-orang dengan berat badan tidak ideal. Lebih lanjut, merupakan hal lumrah dan hampir tidak terhindarkan, bagi orang-orang yang memasuki usia di atas 25 tahun untuk kehilangan otot dan berat badan bertambah.

"Usia tampaknya tidak menjadi faktor yang memicu menurunnya kecerdasan seseorang. Tapi penurunan ini muncul sesuai usia biologis saat lemak bertambah dalam tubuh," terang asisten profesor di bidang ilmu pangan dan nutrisi manusia di Iowa State University, Auriel Willette.

 

2 dari 2 halaman

Prosesnya

Dalam penelitian tersebut, aktivitas sistem kekebalan tubuh dalam aliran darah meningkat pada orang-orang dengan berat badan di atas bobot ideal.

Kondisi ini mempengaruhi aktivasi sistem kekebalan tubuh di dalam otak yang mempengaruhi isu-isu kecerdasan tersebut.

Lebih spesifik, pada wanita, hubungan antara perut berlemak dan kemampuan berpikir yang rendah secara utuh ditunjukkan dengan adanya perubahan dalam dua variasi sel darah putih.

Sementara pada pria, lemak berlebih pada perut menunjukkan adanya perbedaan pada sel darah putih: basophils. Variasi sel darah putih pada pria ini menunjukkan adanya koneksi antara lemak dan kecerdasan pada pria.

Sekadar informasi, penelitian ini dilakukan pada 4.000 warga Inggris. Dalam penelitian ini, para peneliti menganalisa berat otot, lemak dan berbagai cara pengukuran lemak lainnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Demi Belajar Berbisnis, Lulusan Harvard Ini Bekerja Jadi Pelayan di Starbucks
Artikel Selanjutnya
Terkena Bad Hair Day, Begini 8 Cara Menyiasatinya