Sukses

Tahap Pengukuran dan Pencatatan Awal Sebelum Menjalani Program Diet

Ini tahap awal yang perlu dilakukan sebelum diet dan cara benar mengukur berat badan.

Liputan6.com, Jakarta - Diet menjadi hal lumrah yang dilakukan banyak orang. Tidak hanya untuk kesehatan, mengatur pola makan juga acap kali dilakukan guna menjaga penampilan agar tetap prima.

Sebelum Anda menjalaninya, ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar diet berjalan dengan maksimal.

Seorang Dokter yang juga Ahli Nutrisi dari Apotek Gading Batam Center, Dion Haryadi, membagikan tahap awal yang perlu dilakukan sebelum menjalani program diet.  

Tahap tersebut adalah pengukuran dan pencatatan awal status diri. Hal ini berguna untuk mengetahui berbagai perubahan yang didapat.

“Selain sebagai alat ukur objektif, tahap ini juga berguna sebagai motivasi supaya Anda dapat menjalankan program diet ini secara maksimal,” ujar Dion dalam saluran YouTube pribadinya The Doctor’s Diet dikutip pada Jumat, 27 November 2020. 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4 Aturan Mengukur Berat Badan Saat Sedang Diet

Salah satu hal yang diukur dan dicatat dalam tahap ini adalah berat badan. Menurut Dion, walau terdengar sederhana tapi masih banyak orang yang salah ketika mengukur berat badan.

Ada empat aturan yang perlu diperhatikan dalam mengukur berat badan, katanya. Pertama, selalu menimbang tubuh dengan timbangan yang sama.

“Kedua selalu timbang di waktu yang sama atau hampir sama,” katanya.

Ketiga, selalu menimbang dengan kondisi tubuh yang sama. Dan, yang keempat adalah menimbang tubuh sesuai dengan kebutuhan.

“Dengan menggunakan timbangan yang sama setiap menimbang berat badan maka kita akan mengurangi kemungkinan galau gara-gara selisih antara timbangan satu dengan timbangan lain," ujar Dion.

Sedangkan menimbang tubuh di waktu yang sama dilakukan agar angka lebih akurat. Mengingat berat badan di pagi hari dan di siang hari setelah makan pasti berbeda.

“Jika hari ini menimbang di pagi hari sebelum buang air besar, maka minggu depan pun timbang di waktu yang hampir sama,” katanya.

Menimbang tubuh dalam kondisi yang sama artinya pakaian yang dipakai saat menimbang setidaknya hampir sama agar tidak  memengaruhi angka timbangan.

 “Menimbang tubuh tidak perlu terlalu sering karena angka akan berubah-ubah, timbanglah secukupnya dalam rentang waktu yang agak panjang,” Dion mengingatkan.

Rentang waktu menimbang berat badan yang baik adalah dua minggu hingga satu bulan satu kali. Setiap angka yang didapat bisa dicatat di ponsel agar tidak lupa.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.