Sukses

Perilaku 3M dan 3T, Satu Paket untuk Memutus Penularan COVID-19

Masyarakat perlu memahami apa itu 3M dan 3T. Dua hal tersebut merupakan satu kesatuan dalam memutus rantai penularan COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Untuk memutus rantai penularan COVID-19 perlu dilakukan 3M dan 3T. Kedua hal tersebut merupakan satu paket dalam pencegahan kasus COVID-19.

Namun, masih ada masyarakat Indonesia yang belum memahami konsep testing, tracing dan treatment. Menurut survei yang dilakukan IPSOS Indonesia, masih ada 29 persen responden yang mengaku belum paham denan konsep 3T dalam penanganan COVID-19.

"Masih ada sekitar 29 persen itu yang tidak aware, mereka nggak ngerti sebenarnya 3T itu apa," kata Managing Director IPSOS Indonesia, Soeprapto Tan, dalam Dialog Produktif secara daring ‘Optimisme Masyarakat terhadap 3T (Tracing, Testing, Treatment) di Media Center Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Kamis (12/11/2020).

Sementara itu, sudah 99 persen responden menyampaikan bahwa sudah paham betul apa itu 3M yang terdiri dari menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan menggunakan sabun.

Dari data yang didapatkan IPSOS, menyiratkan seolah-olah masyarakat menganggap perilaku 3M dan 3T adalah dua hal yang terpisah. Padahal kedua hal tersebut satu kesatuan mencegah penularan COVID-19.

"Masih ada masyarakat yang menganggap perilaku 3M dan 3T adalah dua hal yang terpisah padahal kenyataannya justru kedua hal tersebut diakuinya merupakan satu paket dalam memutus mata rantai penularan Covid-19," tutur Tan.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Jika nanti vaksin COVID-19 pun sudah ditemukan upaya kebiasaan 3M dan 3T tetap dilakukan.

“Misal mendapatkan vaksin paling cepat Mei atau Juni (tahun depan), kebiasan terhadap 3M dan 3T harus tetap kita jalankan sampai benar-benar pemerintah memberikan informasi bahwa COVID-19 sudah tidak ada,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Monica Nirmala, Penasihat Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinvest) untuk Peningkatan Testing dan Tracing. Dia mengatakan bahwa semua orang harus mengambil peranan untuk memutus mata rantai penularan virus Corona dengan berpartisipasi melaksanakan 3M dan 3T secara bersamaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.