Sukses

Mentan Syahrul Yasin Limpo: Kenyang Itu Tidak Harus dengan Beras

Mentan Syahrul Yasin Limpo menyampaikan bahwa untuk kenyang itu tidak harus dengan beras.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo menyampaikan, kenyang itu tidak harus dengan beras. Terlebih lagi Indonesia mempunyai sumber daya alam yang besar. Laut yang sangat luas, dataran, pantai yang menjanjikan rupiah, serta dataran rendah, bukit, dan gunung yang ditanami banyak hal dan bisa hidup.

"Kami punya program ketahanan pangan, salah satunya diversifikasi pangan lokal. Artinya, (yang namanya) kenyang itu tidak harus dengan beras," ujar Yasin saat dialog virtual Ketahanan dan Swasembada Pangan Indonesia 2045 dalam Hubungan dengan Kualitas SDM, Senin (9/11/2020).

"Diversifikasi pangan lokal, misalnya, ada ubi kayu, jagung, sagu, pisang, kentang, sorgum, dan lain-lain."

Untuk peningkatan kapasitas produksi pangan, Kementerian Pertanian juga berupaya memanfaatkan lahan yang ada. Lahan ditanami dengan berbagai macam tanaman yang mampu tumbuh sesuai kondisi tanahnya.

"Kami masuk (upaya mengelola) pada lahan rawa. Ini sesuai petunjuk dan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di lahan rawa yang ada di Kalimantan Tengah ada 164.000 hektar. Kemudian ada tanaman perluasan areal tanaman baru kurang lebih 250.000 hektar," lanjut Yasin.

"Kemudian coba diupayakan menanam padi, jagung, bawang merah. Pada daerah-daerah defisit (lahan yang sulit ditanami), kami coba intervensi. Kalau tidak bisa bertanam padi, ya tanam jagung."

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Urban Farming dan Lumbung Pangan

Upaya ketahanan pangan Kementan juga menyasar pemanfaatan lahan pekarangan melalui Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dan urban farming--praktik pertanian urban--khususnya di kota-kota.

"Kami coba memperkenalkan urban farming. Dan sekarang ini lagi populer sekali. Banyak banget yang ikut menerapkannya, mulai artis sampai pejabat," imbuh Yasin.

"Mereka sekarang berargonoponik, sudah mulailah menanam sayur-mayur sendiri di halaman rumahnya. Kita berharap dengan halaman yang kurang lebih saja 2 kali 10 meter, bisa ber-urban farming."

Selanjutnya, pemanfaatan lumbung pangan di provinsi dan kabupaten/kota juga desa. Lumbung pangan desa, kami berharap melakukan serapan agar ketahanan pangan tersedia," pungkas Yasin.

"Kan kalau hanya (hasil panen pangan) tinggi, tetapi tidak ada simpan besok, melakukan in-out dalam satu tempat, bagaimana ketersediaan pangan bisa bertahan. Misalnya, 30 ton pangan ditaruh (disimpan) di situ, in-out dalam 5 bulan. Maka, bisa bertahan setahun."

3 dari 3 halaman

Infografis Keamanan Pangan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.