Sukses

Cegah Penularan COVID-19 Masa Libur Panjang, Wisatawan akan Dites Secara Acak

Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) mulai hari ini bersiap mengantisipasi libur panjang dan cuti bersama pekan ini, agar tidak menjadi medium penularan COVID-19.

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) mulai hari ini bersiap mengantisipasi libur panjang dan cuti bersama pekan ini, agar tidak menjadi medium penularan COVID-19. Sebelumnya mitigasi dan persiapan rampung dilakukan.

Menurut Gubernur Jabar Ridwan Kamil, rencananya peningkatan pengamanan di beberapa destinasi wisata akan ditingkatkan.

"Jumlah personel kepolisian akan ditambah di destinasi wisata, khususnya Lembang, Kawasan Puncak, Pantai Pangandaran, dan Cirebon," kata Ridwan Kamil dalam keterangan resminya ditulis Bandung, Selasa, 27 Oktober 2020.

Ridwan Kamil menyatakan, otoritasnya akan meminta komitmen pengelola destinasi wisata untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Khususnya soal pembatasan jumlah pengunjung terutama ketika libur panjang.

Beberapa waktu lalu, aturan kembali dibukanya lokasi wisata oleh pengelola yaitu hanya menerima 50 persen pengunjung dari total kapasitas.

"Tolong dijaga komitmen itu," kata RIdwan Kamil.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengamanan di Pintu Keluar-Masuk Jabar

Selain destinasi wisata ucap Ridwan Kamil, otoritasnya akan meningkatkan pengamanan di pintu keluar-masuk Jabar, seperti jalan tol.

Pengetesan COVID-19 dengan rapid test akan digelar secara acak. Mereka yang reaktif akan menjalani swab test.

"Jadi jangan kaget nanti akan diberhentikan secara baik-baik dan sopan oleh kami dan kepolisian untuk dites," ucap Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil berharap dengan metode tersebut tidak ada pelaku perjalanan yang terkonfirmasi positif. Jika ditemukan, maka pola pengetesan di ruas jalan dan area wisata akan disempurnakan. (Arie Nugraha)

3 dari 3 halaman

Infografis Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.