Sukses

Nihil Kasus Baru di Kota Auckland, Selandia Baru Dua Kali Sukses Taklukkan COVID-19

Kota Auckland akan berstatus level 1 mulai pukul 23.59 pada Rabu pekan ini usai tak ada kasus baru COVID-19 selama 10 hari berturut-turut

Liputan6.com, Selandia Baru - Pemerintah Selandia Baru akan mencabut pembatasan wilayah di kota terbesar mereka, Auckland, pada pekan ini. Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan bahwa ia yakin mereka hampir melewati gelombang kedua COVID-19.

Pada hari Senin waktu setempat, Ardern mengatakan bahwa status Auckland akan menjadi level 1 mulai pukul 23.59 pada Rabu pekan ini, mengikuti wilayah lain Selandia Baru.

Ia mengatakan bahwa selama 10 hari berturut-turut, sudah tidak ada lagi kasus baru COVID-19 dari klaster Auckland.

"Sekarang ada 95 persen kemungkinan klaster tersebut dieliminasi," kata Ardern seperti dikutip dari The Guardian pada Senin (5/10/2020). "COVID-19 akan bersama kita selama berbulan-bulan mendatang, tetapi kita harus tetap menandai pencapaian ini," ucapnya menambahkan.

Sebelumnya pada Agustus lalu, Auckland melaporkan 179 kasus COVID-19. Hal ini membuat pemerintah Selandia Baru melakukan pembatasan wilayah.

"Ini terasa lebih lama dan berlarut-larut pada apa yang sudah mulai terasa seperti tahun yang sangat panjang," kata Ardern dikutip dari Channel News Asia.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Ada Lagi Aturan Jaga Jarak

Meski begitu, Ardern menegaskan bahwa warga Auckland dan Selandia Baru tetap pada rencana yang berhasil dilakukan dua kali, sehingga mereka kembali mengalahkan virus Corona.

Pencabutan aturan tersebut berarti tidak akan ada lagi pembatasan jumlah 100 orang dalam pertemuan di Auckland, serta diperbolehkannya kontak tanpa jaga jarak di bar dan restoran.

Adapun, kasus COVID-19 di Selandia Baru mencapai 1.499 dengan total kematian sebanyak 25 orang. Kasus terbaru pun dilaporkan berasal dari warga setempat yang pulang dari luar negeri.

Kesuksesan Ardern dalam mengendalikan COVID-19 bahkan membuatnya menempati posisi paling depan dalam pemilihan umum pada 17 Oktober.

Meski berhasil, Ardern tetap meminta warganya untuk tidak menganggap remeh situasi ini. "Kemunculan kembali virus bukan satu-satunya kekhawatiran kita. Timbulnya kepuasan diri juga ada di sana."

3 dari 3 halaman

Infografis PSBB Transisi DKI Jakarta Diperpanjang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.