Sukses

Yuk, Jadikan Cuci Tangan Sebagai Kegiatan Keluarga yang Menyenangkan

Apakah kalian tahu kalau cuci tangan dapat mencegah 1 dari 3 penyakit terkait diare dan 1 dari 5 infeksi saluran pernapasan, seperti pilek atau flu ?

Liputan6.com, Jakarta Cuci tangan bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Apalagi hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyebaran kuman serta dapat menjaga kesehatan anak-anak dan orang dewasa. Pada masa pandemi Covid-19 ini, kita perlu memperhatikan kebersihan kita dan anak-anak kita agar terhindar dari virus jahat dengan mencuci tangan secara rutin. 

Peran orang tua dan pengasuh sangatlah penting dalam mengajari anak mencuci tangan. Mencuci tangan adalah kebiasaan sehat yang bisa kita terapkan seumur hidup, dan kebiasaan sehat tersebut bisa kita terapkan ke anak-anak kita jika Anda mulai mengajarkannya sejak usia dini.

Mencuci tangan sebenarnya tidak memiliki teknik khusus, hanya saja bagaimana cara kita mencuci tangan menilai seberapa bersih tangan kita. Ajari anak-anak lima langkah mudah untuk mencuci tangan;

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Bantu Anak Kembangkan Keterampilan Mencuci Tangan

Peran orang tua dan pengasuh sangatlah penting dalam mengajari anak mencuci tangan. Mencuci tangan adalah kebiasaan sehat yang bisa kita terapkan seumur hidup, dan kebiasaan sehat tersebut bisa kita terapkan ke anak-anak kita jika Anda mulai mengajarkannya sejak usia dini.

Mencuci tangan sebenarnya tidak memiliki teknik khusus, hanya saja bagaimana cara kita mencuci tangan menilai seberapa bersih tangan kita. Ajari anak-anak lima langkah mudah untuk mencuci tangan, sebagaimana dilansir CDC berikut ini:

3 dari 12 halaman

1. Basahi

4 dari 12 halaman

2. Berbusa

5 dari 12 halaman

3. Gosok

6 dari 12 halaman

4. Bilas

7 dari 12 halaman

5. Keringkan

Selain hal itu, ingatkan anak waktu-waktu penting untuk mencuci tangan seperti setelah menggunakan kamar mandi, atau sebelum makan. Anda bisa berinovasi untuk menemukan cara agar mencuci tangan terkesan menyenangkan, seperti membuat lagu cuci tangan atau menjadikan cuci tangan sebagai sebuah permainan.

8 dari 12 halaman

Ingatkan Terus Menerus

Membangun keterampilan mencuci tangan membutuhkan waktu. Pada awalnya, anak Anda akan membutuhkan pengingat rutin tentang bagaimana dan kapan harus mencuci tangan. Sangat penting untuk mengingatkan anak-anak untuk mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi, sebelum makan, setelah menyentuh hewan peliharaan, setelah bermain di luar, dan setelah batuk, bersin, atau membuang ingus.

Tetapi begitu mencuci tangan menjadi kebiasaan dan bagian rutin dari hari anak Anda, mereka akan mempraktikkannya sepanjang hidup mereka.

9 dari 12 halaman

Contohkan Mencuci Tangan

Anak-anak kecil belajar dengan meniru perilaku orang dewasa dalam hidup mereka. Saat Anda menjadikan cuci tangan sebagai bagian dari rutinitas Anda, Anda memberikan contoh untuk diikuti oleh anak-anak Anda.

10 dari 12 halaman

Bagaimana Jika Sabun dan Air Tidak Tersedia?

Mencuci tangan dengan sabun dan air adalah cara terbaik untuk membasmi kuman. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol yang memiliki setidaknya 60 persen alkohol atau seperti hand sanitizer untuk pertolongan pertama, dan cuci tangan Anda dengan sabun dan air secepat mungkin.

11 dari 12 halaman

Tisu Basah / Tisu Bayi

Banyak sekali orang-orang ketika tangannya kotor maka pertolongan pertama yang mereka lakukan adalah menggunakan tisu basah atau tisu bayi. Tisu bayi mungkin membuat tangan Anda terlihat bersih, tetapi tisu tersebut tidak dirancang untuk menghilangkan kuman dari tangan Anda. Cuci tangan menggunakan sabun dan air adalah cara paling ampuh dan efektif dalam membasmi kumah yang melekat pada tangan kita.

 

(Deskhila Wijaya)

12 dari 12 halaman

Cara Mencuci Tangan yang Benar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.