Sukses

Main Piano Mengasah Pikiran

Para ahli berpendapat, memainkan piano dapat mengasah pikiran. Memainkan piano juga berarti memainkan pikiran.

Liputan6.com, London:: Otak pemain piano profesional mengalami perubahan struktural. Memainkan piano juga berarti memainkan pikiran.

Peneliti gabungan dari Universitas College London dan Universitas Newcastle menemukan fakta bahwa mendengarkan dua nada yang dimainkan bersamaan akan menyelaraskan otak.

Para ahli berpendapat, mememainkan piano berarti memainkan pikiran. Hasil pindai otak mengukapkan, perubahan spesifik terjadi pada hipokampus, bagian otak besar yang berfungsi mengatur ingatan dan arah, Kamis (30/8).

Fenomena ini juga berkaitan dengan jumlah waktu pemain piano melakukan pekerjaannya.

Peneliti dari The Wellcome Trust menggunakan resonansi magnetik untuk membandingkan otak 19 pemain piano profesional yang memainkan dua nada secara bersamaan dengan 19 orang lainnya.

Mereka melihat adanya perubahan spesifik pada area abu-abu, sel saraf yang bertugas memproses informasi, dan area putih, jaringan saraf, dalam otak para pemain piano.

Pemeriksa Sundeep Teki mengatakan "Kami telah mengetahui bahwa latihan musik dapat berkorelasi dengan perubahan struktur, tapi sekumpulan profesional menawarkan kesempatan langka untuk memeriksa kemampuan otak beradaptasi terhadap bentuk khusus mendengarkan."(BBC/ANT/IRA/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini