Sukses

Lihat Kerumunan saat Adaptasi Kebiasaan Baru, Dokter Zainah: Saya Jadi Takut Sendiri

Melihat ada kerumunan di masa Adaptasi Kebiasaan Baru, doker Zainah merasa takut sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Anggota Junior Doctors Network Indonesia Zainah Fitriah mengungkapkan dirinya takut tatkala melihat kerumunan di masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Apalagi masyarakat sudah kembali menjalankan aktivitas di luar rumah, dari bekerja sampai olahraga.

Mall dan pusat perbelanjaan juga telah buka. Walaupun begitu, risiko kemungkinan ada kerumunan bisa saja terjadi. Adanya kerumunan menjadi salah satu faktor risiko penyebaran virus Corona. Terutama bagi mereka yang tidak memakai masker.

"Sejujurnya, kalau saya mampir ke suatu tempat, lalu lihat tempatnya ramai dan ada kerumunan malah jadi takut sendiri. Lebih baik saya tidak ke sana dulu," tutur Zainah saat talkshow Aktivitas Baru Gerai di Mall di Graha BNPB, Jakarta, Minggu (12/7/2020).

"Nah, apa yang saya rasakan sendiri ini, harapannya masyarakat juga seperti itu (ikut merasakan kecemasan melihat kerumunan)."

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingatkan Protokol Kesehatan

Ketika ada tempat-tempat yang tidak mengedepankan protokol kesehatan, lanjut Zainah, sebaiknya petugas keamanan atau pengelola harus mengingatkan.

"Kalau berkerumunan itu tidak boleh. Misalnya, 'Mas, Mbak... di sini enggak boleh ada kerumunan.' Lalu diingatkan juga penggunaan masker," lanjut dokter yang bertugas di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran.

"Masker (adalah) pelindung diri kita, jadi wajib terus dipakai. Dengan memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan kita dapat membantu memutus mata rantai pandemi ini," lanjut Zainah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.