Sukses

Foodbank: Masa Pandemi, Waktunya Ajarkan Anak Potensi Pangan Lokal

Liputan6.com, Jakarta Masa pandemi COVID-19 dinilai menjadi waktu yang baik untuk mengajarkan anak-anak mengenai potensi serta mendekatkan mereka produk-produk pangan lokal yang ada di sekitarnya.

Pernyataan ini disampaikan oleh Hendro Utomo, Pendiri Foodbank of Indonesia dalam sebuah seminar daring yang dilakukan pada Kamis (9/7/2020).

"Pandemi ini mengajarkan kita keseimbangan baru," kata Hendro.

"Jadi ke depan kita harus perhatikan bahwa ada diversifikasi pangan sehingga makanan yang didapatkan anak-anak ini beragam sumbernya sehingga vitamin dan mineralnya juga beragam."

"Kedua, sebisa mungkin berbasis pangan lokal. Karena itu mendekatkan anak-anak terhadap sumber-sumber makanan itu sendiri. Mereka mengenal makanan-makanan di sekitar mereka," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Mendorong Industri Pangan Lokal

Menurutnya, dengan mengenalkan produk pangan lokal, anak juga bisa belajar serta lebih memahami mengenai makanan-makanan yang sesungguhnya ada di sekitar lingkungannya.

"Ada penjiwaan di dalamnya jika dibandingkan dengan makanan-makanan yang kita dapatkan dari jauh, ribuan kilometer," katanya.

Selain itu, bagi produsen pangan lokal mulai dari perusahaan nasional, kerja sama, hingga pertanian, hal ini juga bisa menolong mereka khususnya di masa pandemi.

"Anak-anaknya juga punya preferensi makanan-makanan lokal yang cukup baik. Itu untuk jangka menengah, jangka panjangnya juga baik untuk kita semua. Itu semua hanya bisa didapatkan dari kolaborasi multi sektor," katanya.

3 dari 3 halaman

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini