Sukses

Kacamata atau Lensa Kontak, Mana yang Lebih Aman Saat Covid-19 Mewabah?

Liputan6.com, Jakarta Sejak munculnya wabah Covid-19, American Academy of Ophthalmology mengimbau setiap pengguna lensa kontak untuk mengenakan kacamata. Hal ini disebut bisa meminimalisir infeksi virus corona, penyebab Covid-19. 

Menurut para ahli, seperti dilansir WebMD, ada beberapa alasan kenapa seseorang perlu menghindari lensa kontak, yaitu: 

1. Membuat mata gatal

Hal itu karena lensa kontak dapat menyebabkan iritasi dan gatal-gatal. Atau jika sesuatu masuk ke mata Anda (biasa kita sebut dengan kelilipan), tentu membuat Anda tidak nyaman dan tanpa sadar mengucek mata.

Perlu Anda ingat pentingnya menhindari menyentuh area wajah, termasuk mulut, hidung dan mata. Karena jika tangan menyentuh sesuatu yang terkontaminasi virus lalu Anda mengucek mata maka Anda berpotensi menularkan pada diri Anda sendiri.

"Itu karena mata terhubung dengan hidung, sehingga virus dapat masuk ke saluran pernapasan, tempat virus dapat berkembang. Kalaupun Anda sudah tidak ingin mengucek mata, gunakan tisu, alih-alih langsung jari Anda," tulis Michael Smith, MD, CPT, dokter bersertifikat sekaligus Kepala Editor Medis WebMD.

2. Membuat mata kering

Mata kering juga bisa memicu keinginan untuk mengucek mata. Selalu sediakan beberapa tetes pelembab mata. Pastikan untuk mencuci tangan Anda sebelum meneteskan obat tetes mata tersebut ke mata Anda.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kacamata lebih melindungi mata

3. Manfaat kacamata dalam melindungi mata

Kacamata dapat membantu melindungi mata Anda dari droplet seseorang yang terinfeksi Covid-19 yang bersin atau batuk. Meskipun droplet masih bisa masuk dari celah di samping, tapi dengan menggunakan kacamata, kita akan terhindar untuk menyentuh mata (karena terhalang kaca).

Terlebih jika lensa kontak Anda menyebabkan mata gatal, Anda harus mempertimbangkan menggunakan kacamata selama beberapa minggu ke depan (hingga wabah mereda).

Jika Anda tetap memutuskan menggunakan lensa kontak, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dengan air dan sabun selama minimal 20 detik setiap sebelum memasangnya atau melepasnya. Kini dua momen tersebut lebih penting daripada sebelumnya.