Sukses

Edukasi Corona, Kristen Bell Posting Foto Tangan Ibu di Bawah Sinar UV

Dalam sebuah foto yang ia posting di instagram, ia menunjukkan perbandingan foto tangan ibunya di bawah sinar UV antara sebelum mencuci tangan, mencuci tangan hanya dengan air, mencuci tangan dengan sabun, dan mencuci tangan setelah sekian waktu.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara mencegah virus corona di tengah wabah adalah cuci tangan. Tidak cuku hanya dengan air, tapi menggunakan sabun dan melakukannya setidaknya sesuai anjuran WHO yakni 20-30 detik.

Hal ini pula yang diyakini oleh aktris sekaligus penyanyi Kristen Bell di tengah maraknya wabah corona di Amerika. Dalam sebuah foto yang ia posting di instagram, ia menunjukkan perbandingan foto tangan ibunya di bawah sinar UV antara sebelum mencuci tangan, mencuci tangan hanya dengan air, mencuci tangan dengan sabun, dan mencuci tangan setelah sekian waktu.

 
 
 
View this post on Instagram

My mom sent me the hand washing black light comparison. 30 SECONDS WITH SOAP YALL!!!

A post shared by kristen bell (@kristenanniebell) on

"Ibuku mengirimkan foto perbandingan mencuci tangan di kegelapan. 30 DETIK DENGAN SABUN!!!," katanya.

Penyanyi salah satu soundtrack Frozen ini mengungkapkan, ibunya menggunakan sinar UV dan krim yang disebut Glo-Germ (minyak mineral yang menempel pada kuman, dan hanya dapat dilihat di bawah sinar UV) dan menemukan betapa kotornya tangannya yang jika dilihat dengan mata telanjang nampak bersih.

Hasilnya cukup dramatis, setelah mencuci tangan menggunakan sabun dan selama 15 detik, terutama setelah 30 detik. Meskipun tidak beda jauh, saat mencuci tangan selama 15 detik masih tertinggal beberapa kuman di lipatan-lipatan jari. Lalu jika mencuci tangan selama 30 detik kuman pada lipatan tersebut benar-benar hilang.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Eksperimen menggunakan hand sanitizer

Merebaknya virus membuat sejumlah pemangku kesehatan membuat kebijakan untuk mengampanyekan kebersihan tangan. Selain cuci tangan, menggunakan hand sanitizer juga membantu. 

Mengutip laman Business Insider, para ahli menggunakan kesempatan ini untuk melakukan eksperimen tangan kotor. Lalu membandingkannya menggunakan Glo-germ.

Hasilnya tentu sesuai prediksi. Saat seseorang cuci tangan, maka tangan terlihat bersih di bawah sinar uv. Sedangkan menggunakan hand sanitizer hanya membersihkan kuman yag menempel secara acak, tidak keseluruhan. Sistem kerja hand sanitizer juga hanya menetralkan kuman jadi jika bisa cuci tangan, kenapa tidak.

Tips untuk membantu Anda mencuci tangan sampai 20 detik yaitu dengan menggumamkan lagu dalam benak Anda, dan berhenti setelah lagu selesai.

Anda tentu hapal lagu "Happy Birthday". Nyanyikan lagu tersebut 2 kali. Atau Anda bisa menyanyikan lagu lain yang setara minimal 20 detik.

Terakhir, pastikan untuk mengeringkan tangan sampai benar-benar kering, karena kuman dapat menempel pada tempat lembab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.