Sukses

Bikin Cairan Antiseptik Sendiri, Efektifkah Singkirkan Virus Corona?

Liputan6.com, Jakarta Cairan antiseptik marak dicari masyarakat demi mrnghindari paparan Virus Corona. Kesulitan memeroleh cairan antiseptik mulai dirasakan. 

Melihat fenomena tersebut, ramai pula beredar tutorial membuat cairan antiseptik sendiri di rumah. Beberapa bahan yang digunakan, dari gel lidah buaya sampai cairan alkohol.

Cukup diaduk-aduk dan jadi hanya dalam beberapa menit saja, ramuan cairan antiseptik bisa langsung dipakai. Lantas apakah cara ini efektif menyingkirkan Virus Corona? 

"Saya pikir, kalau cairan antiseptik dibuat sendiri ya enggak tahu juga kan efeknya seperti apa. Bahan-bahan dan kadarnya seberapa banyak, tepat atau enggak," kata dokter spesialis paru konsultan Erlina Burhan ditemui di Kantor Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Jakarta, ditulis Minggu (8/3/2020).

"Beda ya sama produk cairan antiseptik yang dibuat industri-industri itu. Kadar alkoholnya berapa, bahan pembuatannya tertera. Dan pastinya ada tahapan uji klinis dan lainnya."

2 dari 3 halaman

Deterjen dan Sabun

Walaupun masyarakat banyak mencari cairan antiseptik, deterjen dan sabun bisa digunakan untuk mencuci tangan. Kuman dan virus bisa tersingkir.

"Enggak harus pakai cairan antiseptik. Yang paling murah bisa pakai deterjen dan sabun buat cuci tangan. Itu aja sudah cukup kok," lanjut Erlina yang berpraktik di RS Persahabatan Jakarta.

"Ditambah juga cuci tangannya pakai air mengalir. Bersih tangan kita."

Ketika kuman dan virus di tangan kena deterjen dan sabun dapat melemahkan keduanya. Ini karena lemak yang menyelubungi kuman dan virus ikut luluh saat mencuci tangan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: