Sukses

6 Hal Ini Perlu Dilakukan Wanita Hamil Demi Kesehatan si Kecil

Pastinya semua calon orangtua menginginkan buah hati lahir dengan sehat dan sempurna. Oleh karena itu, wanita hamil perlu melakukan enam hal ini.

Liputan6.com, Jakarta Semua orang pastinya harus menjaga kesehatan, baik fisik maupun mental, terutama bagi mereka yang sedang hamil. Tak hanya kesehatan sang ibu, tetapi kesehatan anak dalam kandungannya juga penting.

Oleh karena itu, Wanita hamil harus lebih sering mencari infromasi mengenai kesehatan selama kehamilan. Berikut ini adalah hal yang harus dilakukan untuk membantu perkembangan kehamilan yang aman dan sehat:

1. Mengonsumsi Vitamin Prenatal

Ketika masih berusaha untuk hamil, pilihan yang tepat adalah memulai untuk mengonsumsi vitamin prenatal. Tali saraf bayi yang menjadi otak dan sumsum tulang belakang dapat berkembang dalam bulan pertama kehamilan. Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan nutrisi, seperti asam folat, kalsium, dan zat besi, sejak awal. Hal tersebut berdasarkan lansiran dari Parents.

2. Olahraga

Tak dapat dimungkiri lagi bahwa berolahraga dapat membantu Anda mengurangi stres, mengontrol berat badan, meningkatkan suasana hati, dan mengubah pola tidur menjadi lebih baik. Anda dapat mengikuti kelas olahraga kehamilan setidaknya 15 sampai dengan 20 menit setiap hari di area yang sejuk, teduh, atau di dalam ruangan untuk mencegah panas berlebih. Yoga dan berenang adalah olahraga yang cocok untuk ibu hamil.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Menambah Pengetahuan Seputar Kehamilan

Menghadiri kelas persalinan akan membantu Anda merasa lebih siap untuk melahirkan. Anda tak hanya memiliki kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang persalinan dan perawatan bayi, tetapi juga dapat mengajukan pertanyaan spesifik yang menjadi kekhawatirannya.

4. Menghindari Racun

Makanan dan minuman yang beracun dapat berkaitan erat dengan cacat lahir, keguguran, dan masalah lainnya. Oleh karena itu, Anda dapat menghindari tembakau, alkohol, dan obat-obatan terlarang.

Merokok dapat mengurangi aliran oksigen ke bayi dan hal ini bisa menyebabkan Anda melahirkan prematur atau komplikasi lainnya. "Jika Anda tak bisa berhenti merokok, minum, atau menggunakan obat-obatan terlarang, beri tahu dokter," kata ahli obgyn, Roger Harms, MD.

3 dari 3 halaman

5. Menghindari Pekerjaan yang Berat

Pekerjaan rumah seperti membersihkan kamar mandi dapat meningkatkan risiko buruk ketika Anda hamil. Paparan bahan kimia beracun, mengangkat benda berat, atau bersentuhan dengan bakteri dapat membahayakan Anda dan bayi Anda.

6. Kurangi Stres

Hal ini penting bagi Anda yang sedang mengandung si buah hati karena dapat meningkatkan perkembangan janin. Wanita yang sedang hamil harus menghindari penyebab stres sebisa mungkin dan harus bisa mengatur manajemen stresnya. Penjelasan tersebut seperti yang dilansir dari Brigham Health Hub.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.