Sukses

Cek, 5 Kebiasaan di Kamar Mandi yang Datangkan Penyakit

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan masih dianggap remeh oleh sebagian orang. Begitu juga dengan kebersihan kamar mandi, tempat berkembangbiaknya kuman dan bakteri ini dapat memicu berbagai penyakit. Oleh karena itu, membersihkan kamar mandi merupakan hal yang sangat penting untuk Anda lakukan.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kebiasaan-kebiasaan tak baik di kamar mandi yang tanpa disadari dapat menyebarkan kuman dan bakteri ke orang lain atau lingkungan luar. Berikut ini adalah kebiasaan buruk yang tanpa disadari Anda telah melakukannya:

1. Tidak Mencuci Tangan Dengan Benar

Menurut ahli mirobiologi dan profesor di University of Arizona, Amerika Serikat, Charles Gerba, PhD, mencuci tangan merupakan tindakan yang paling efektif dan efisien untuk mencegah datangnya berbagai penyakit. Namun, jika Anda mencuci tangan dengan cara yang salah, Anda dapat menyebarkan kuman saat keluar dari pintu kamar mandi.

Pastikan Anda mencuci tangan dengan banyak air sabun hangat setidaknya selama 20 sampai dengan 30 detik dengan menggosokkan bawah kuku Anda, area yang menjadi tempat tinggalnya kuman dan bakteri. Hal ini seperti yang dilansir dari Health.

2 dari 4 halaman

2. Menggunakan Sabun Batangan

Batang sabun dapat mengumpulkan bakteri ketika digunakan oleh banyak orang. Tempat meletakkan sabun yang sering dibersihkan pun bisa menjadi area berkembangbiaknya kuman dan bakteri. Oleh karena itu, lebih baik Anda menggunakan sabun cair untuk mandi atau sekadar cuci tangan sehingga terhindar dari penyebaran kuman dan bakteri tersebut.

3. Membawa Ponsel ke Kamar Mandi

Jika ke kamar mandi dan meletakkan telepon di tempat kuman-kuman berada, Anda dapat menyebarkan kuman tersebut ke mana pun, seperti tangan, wajah, bahkan makanan Anda sendiri sehingga dapat menimbulkan berbagai penyakit. Hal tersebut sesuai dengan lansiran dari Shape.

3 dari 4 halaman

4. Menyeka Kembali ke Depan

Pastikan setelah mandi, Anda menyeka organ intim dari depan ke belakang dengan menggunakan handuk. "Menyeka ke depan secara teoritis dapat menyebarkan bakteri dari anus ke vagina yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih," kata dokter kulit di Augusta, Amerika Serikat, Lauren Ploch, MD. Kebiasaan buruk ini, juga dapat menyebabkan vulvovaginitis (infeksi vulva dan vagina), infeksi jamur, gatal-gatal, dan ruam merah.

5. Meninggalkan Sikat Gigi Begitu Saja

Anda dapat mempertimbangkan kembali untuk meletakkan sikap gigi Anda. Kuman dan bakteri yang dikirimkan oleh udara bisa saja mendarat di mana pun sesuai dengan jalurnya, termasuk di sikat gigi Anda.

"Udara dapat memindahkan E.Coli dan bakteri penyebab infeksi lainnya ke sesuatu yang seharusnya digunakan untuk membersihkan mulut Anda," kata dokter gigi di Sunnyvale, California, Mark Burhenne, DDS.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Loading