Sukses

Menkes Terawan: Sehatkan Indonesia Melalui Jamu

Liputan6.com, Jakarta - Menkes Terawan Agus Putranto menggaungkan pentingnya minum jamu untuk menjaga kesehatan melalui peluncuran Gerakan Hidup Sehat Minum Jamu. "Acara ini adalah acara untuk membangkitkan kembali kearifan lokal dan membangun kembali sisi-sisi budaya yang ternyata membuat Indonesia tetap sehat melalui jamu yang merupakan komplemen dari gaya hidup sehat," kata Terawan pada Jumat (14/02/2020).

Gerakan Hidup Sehat Minum Jamu merupakan kelanjutan dari Gerakan Nasional Bugar dengan Jamu (Gernas Bude Jamu) yang diluncurkan pada 2015. 

Terawan menuturkan akan terus membudayakan ke masyarakat bagaimana cara hidup sehat dengan menyertakan jamu sebagai bagian dari kehidupan. "Karena itu, jamu merupakan primadona yang akan saya bangkitkan selaku Menteri Kesehatan," ujarnya.

"Gerakan Masyarakat Indonesia Sehat itu kalau tidak disertai jamu, ibaratnya sayur tanpa garam, dan inilah yg menjadi mimpi saya. Sehatkan indonesia melalui jamu." kata Terawan, menambahkan. 

 

 

2 dari 2 halaman

Pentingnya minum jamu

Dipaparkan oleh Terawan, pentingnya jamu sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari ternyata dapat dibuat dengan sederhana. "Bagaimana memasak jamu, ternyata sangat sederhana. Bahan-bahannya juga mudah didapatkan," ujarnya.

Terawan juga mengatakan, "kalaupun di rumah belum sempat tanam, di pasar juga banyak sekali. Saya kira itu juga membuat budaya kita untuk bermasayarakat, dan kita pilih sendiri bahan jamu, dan kita kreasi sendiri. Petunjuk penggunaan pembuatan jamu itu tersebar di seluruh kalangan masyarakat.".

Untuk sosialisasi, acara ini merupakan awal dan akan terus berlangsung demi tersadarnya orang akan pentingnya hidup sehat melalui minum jamu.

"Ya ini saya ngomong jamu di jakarta. Mudah-mudahan ini berjalan terus sehingga orang makin gemar minum jamu," kata Terawan.

Dia berharap dengan adanya Gerakan Hidup Sehat Minum Jamu akan membuat depot-depot jamu terus berkembang, ditambah tenaga ahli jamu yang terus bertumbuh, mengembangkan diri, dan punya rasa yang digemari anak-anak muda, di hari kasih sayang ini, Terawan menambahkan untuk menyayangi pasangan melalui jamu.

"Menyayangi pasangan pakailah jamu," katanya kepada sejumlah awak media.

 

Penulis: Lorenza Ferary

Loading
Artikel Selanjutnya
Kemenkes: 104 Spesimen Suspect Covid-19 Dinyatakan Negatif
Artikel Selanjutnya
4 Respons Menkes Terawan Tanggapi Dunia yang Heran Indonesia Nihil Corona