Sukses

Rajin Minum Jamu Sejak Remaja, Puan Maharani Merasa Awet Muda

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK) Puan Maharani menceritakan, dirinya suka minum jamu sejak remaja. Hingga sekarang pun anak perempuan Megawati ini masih mempertahankan kebiasaan tersebut.

Sang ibu rupanya yang meminta Puan minum jamu. Adapun jamu yang diberikan ibunya adalah kunyit asam dan beras kencur.

"Dulu, setiap hari, saya disuruh minum jamu. Jamunya beli yang dari jamu gendong keliling itu. Belilah sebotol, lalu disimpan di kulkas. Saya harus minum jamu sebotol itu," cerita Puan dalam sambutannya membuka Program Terpadu UMKM Berdaya Saing: Pencanangan Gerakan UMKM Jamu Berdaya Saing dan Herbal Indonesia Expo 2018 di Gedung SMESCO, Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Jamu botol yang disimpan di kulkas bisa bertahan tiga hari. Puan harus menghabiskan jamu itu selama tiga hari. Ia memang bertanya kepada sang ibu, 'Apa manfaat minum beras kencur dan kunyit asam?' Ibunya hanya menjawab, manfaat jamu akan dirasakan setelah menikah dan melahirkan.

"Saya pikir, itu lama sekali ya dirasakan. Menikah dan melahirkan. Padahal waktu itu, saya masih remaja. Akhirnya, karena disuruh minum. Yaudahlah, saya habisin," terang Puan Maharani sambil tertawa.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Terlihat awet muda

Berkat minum jamu sejak remaja, Puan mengakui, khasiat jamu dirasakannya setelah ia punya anak. Penampilannya terlihat awet muda.

"Kata ibu saya, 'Coba kalau kamu enggak nurut sama Mama. Belum tentu kamu bisa awet muda seperti sekarang ini.' Ya, benar juga. Anak saya umurnya 20 tahun. Dia bongsor dan tinggi. Jadi, katanya saya terlihat awet muda," ucap Puan, yang kini berusia 45 tahun sambil tersenyum.

Ibu Puan juga mengatakan kepada Puan, mungkin kalau tidak minum jamu, wajah Puan sudah terlihat tua dan keriput.

Efek awet muda dari minum jamu yang dirasakan Puan juga berkat perjuangannya minum jamu. Tak mudah bagi Puan remaja menghabiskan jamu.

"Namanya juga masih anak-anak. Mau enggak mau ya harus habis jamunya. Tetap saya minum dan telan. Kadang juga sampai harus tutup hidung minumnya. Lalu malah banyakin minum air putih dibanding jamunya," ucap Puan.

Kebiasaan minum jamu beras kencur dan kunyit asam Puan turunkan kepada anak-anaknya. Stok jamu botol pun selalu tersedia di kulkas.

Sandi Janji Atasi Utang Emak-Emak Rumah Tangga

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
BPOM Serahkan Sertifikat Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik
Artikel Selanjutnya
Menko Puan: Dana Bansos Harus Mampu Ciptakan Kemandirian