Sukses

Dijamin 6 Makanan Ini Bikin Anda Jauh dari Dehidrasi

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi minuman 8 gelas per hari untuk mencegah dehidrasi baiknya dilakukan setiap hari. Semakin banyak aktivitas Anda, kebutuhan minum juga lebih banyak.

Namun, saat menjalani program penurunan berat badan, Anda bisa mengatur pola makan yang baik dengan mengonsumsi makanan yang dapat menghindrasi tubuh. Tentunya makanan yang mengandung banyak air menjadi pilihan untuk asupan makan Anda.

Anda harus mencari tahu terlebih dahulu, makanan apa saja yang memiliki kadar air yang tinggi serta dapat meningkatkan hidrasi tubuh Anda. Berikut ini adalah makanan-makanan yang mengandung banyak air dan dapat dimasukkan ke dalam daftar makanan Anda:

1. Mentimun

Dengan kadar air tertinggi, 96,73%, mentimun juga mengandung kalium, fosfor, magnesium, dan sejumlah kecil kalsium. Meskipun vitamin yang dikandungnya tak memiliki peran yang terlalu menonjol, mereka mempunyai mineral yang tinggi daripada beberapa buah dan sayuran lainnya.

Mentimun mengandung nutrisi khusus yang disebut cucurbitacins yang memiliki efek antidiabetik. Air mentimun juga merupakan minuman khas musim panas yang populer bagi orang-orang yang tak menyukai rasa air putih. Hal ini seperti yang dilansir dari Medical News Today.

2. Selada 

Sayuran ini memiliki kadar air 95,64% dengan kandungan karbohidrat dan gula yang rendah. Selain itu, selada gunung es mengandung serat, vitamin A, vitamin K, kalium, dan seng. Bisa jadi sebagian orang tak mengetahui bahwa selada jenis ini dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah tidur.

2 dari 4 halaman

3. Seledri

Dengan kadar air 95,43%, seledri mengandung kalori yang rendah, protein, karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin K, folat, dan kalium. Seledri juga bisa dijadikan camilan yang sehat. Anda dapat mencobanya dengan menambahkan lebih banyak protein.

4. Semangka

Semangka memiliki kadar air 91,45% yang menjadikannya buah yang harus dikonsumsi saat musim panas karena buah ini dapat menghidrasi Anda saat cuaca panas. Selain kadar airnya yang tinggi, buah ini juga mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B, potasium, seng, dan tembaga. Secangkir semengka memiliki kandungan 45,6 kalori.

3 dari 4 halaman

5. Kembang Kol

Mengandung air 92,1%, sayuran ini juga dikemas dengan vitamin dan fitonutrien yang telah terbukti membantu menurunkan kolesterol dan melawan kanker, termasuk kanker payudara. Sebuah studi pada tahun 2012, para penelitian di Vanderbilt University, Amerika Serikat, menemukan bahwa mengonsumsi sayuran, seperti kembang kol, dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah. Penjelasan ini sesuai dengan lansiran dari Health.

6. Belimbing

Buah tropis ini memiliki kadar air 91,4% dengan cita rasa yang manis dan asam. Belimbing memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan, epicatechin, senyawa yang dapat menyehatkan jantung. Buah ini sangat cocok dikonsumsi di tengah cuaca yang terik dan panas.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Loading