Sukses

Agar Tak Moody, 5 Makanan Ini Dianjurkan Saat PMS

Sindrom premenstruasi (PMS) lazim dialami oleh para wanita. Untuk mengurangi gejalanya, Anda dapat mengonsumsi berbagai makanan di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta Perubahan suasana hati erat kaitannya dengan sindrom premenstruasi (PMS). PMS dapat memicu berbagai gejala fisik ataupun mental yang biasanya terjadi satu atau dua minggu sebelum menstruasi.

Anda dapat meminimalkan ketidaknyamanan tersebut dengan mengurangi gula dan kafein. Di bawah ini terdapat beberapa makanan yang dianjurkan untuk Anda konsumsi untuk mengatasi PMS:

1. Alpukat

Jika gejala PMS mulai terasa, Anda dapat mencoba untuk mengonsumsi alpukat. Makanan berlemak baik ini mengandung kalium dan mineral yang berperan sebagai diuretik alami. Kalium dapat membantu Anda melindungi tubuh dari kram otot dan bisa meningkatkan rasa kenyang. Hal ini sesuai dengan lansiran dari Health.

2. Ikan Sarden

Menurut sebuah penelitian, ikan sarden mengandung asam lemak omega 3 yang dapat membantu Anda mengurangi kembung yang disebabkan PMS, sakit kepala, nyeri payudara, depresi, gugup, gelisah, dan kurang konsentrasi.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Cokelat Hitam

Cokelat jenis ini dapat mengurangi gejala PMS. Antioksidan yang dikandungnya dapat memicu dinding pembuluh darah Anda untuk relaks dengan menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi.

Sebuah penelitian juga telah membuktikan bahwa dengan mengonsumsi cokelat ini sekitar setengah ons setiap hari selama dua minggu, dapat mengurangi kadar hormon stres Anda.

Sedangkan kandungan magnesium dan mineralnya, dapat membantu Anda meringankan gejala PMS, seperti kembung, kelelahan, depresi, dan lekas marah. Cokelat hitam terlah terbukti dapat meningkatkan suasana hati bahkan memicu rasa euforia yang mirip dengan perasaan jatuh cinta.

4. Kacang Mede

Sebuah studi yang diterbitkan di Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, para ilmuwan menunjukkan bahwa kombinasi magnesium dan vitamin B6 dalam kacang mede dapat membantu Anda mengatasi gejala PMS.

Kacang mede adalah sumber magnesium yang baik. Kacang yang lainnya, seperti kacang brazil, almond, dan kacang pinus juga mengandung banyak magnesium. Namun, kacang mete kaya akan kalsium yang dapat membantu Anda mengurangi gejala PMS. Hal ini seperti yang dilansir dari Everyday Health.

3 dari 3 halaman

5. Pisang

Pisang kaya akan kalium yang dapat membantu Anda meringankan kram sebelum menstruasi. Selain itu, kalium yang terkandung di dalam pisang juga dapat membantu Anda memperbaiki suasana hati.

Pisang juga mengandung triptofan yang dapat meningkatkan serotonin otak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa triptofan yang terkandung di dalam pisang dapat berperan sebagai antidepresan.

Vitamin B6 dalam pisang juga dapat membantu Anda mengubah triptofan menjadi serotonin sambil menenangkan sistem saraf Anda. Pisang juga memiliki melatonin yang dapat membantu Anda melawan kelelahan yang terkait dengan PMS.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.