Sukses

Cek Fakta Kesehatan: Sayuran Biang Keladi Munculnya Asam Urat?

Liputan6.com, Jakarta Sayuran sering dianggap sebagai biang keladi munculnya penyakit asam urat. Tak heran, seseorang bisa saja menghindari makan sayur, terutama sayuran hijau agar terhindar dari asam urat.

Ahli gizi Tan Shot Yen menampik anggapan tersebut. Bahwa anggapan sayuran dan asam urat yang beredar di masyarakat keliru.

"Penyakit asam urat muncul bukan karena makan sayuran. Salah kaprah ini. Harus diluruskan anggapannya," kata Tan saat ditemui dalam temu media di Gedung 33 Wahana Visi Indonesia, Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Asam urat disebabkan kadar purin yang tinggi dalam tubuh. Purin adalah unsur yang meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Ketika masuk ke dalam tubuh, purin akan dimetabolisme menjadi asam urat.

 

 

2 dari 2 halaman

Diabetes dan Ginjal

Adapun makanan yang mengandung tinggi purin di antaranya jeroan (hati, ampela, limpa, usus, babat), daging, dan makanan laut (seafood).

Beberapa penelitian menunjukkan, seseorang yang sudah menderita asam urat dapat mengalami kekambuhan bila konsumsi makanan tinggi purin secara berlebihan.

Jika asam urat tidak tertangani, maka memengaruhi ginjal.

"Kadar asam urat tinggi, nanti lama-lama berisiko timbulnya diabetes. Kemudian masalah pada ginjal. Ada penumpukan kristal urat di ginjal," Tan menerangkan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta: Foto Jenazah Ditolak Bumi, Azab karena Tak Melunasi Utang? Ini Faktanya
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta: Viral Video Pengemasan Masker Solida Tidak Higienis, Benarkah?