Sukses

5 Cara Mudah Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Liputan6.com, Jakarta Bibir kering atau pecah-pecah tentunya sangat rentan terjadi dan dapat mengganggu penampilan. Bahkan bisa juga memicu gangguan kesehatan. Biasanya wanita akan merasa sangat terganggu ketika mengalami bibir pecah-pecah.

Bibir kering biasanya ditandai dengan lapiran permukaan bibir yang mengelupas hingga berdarah. Untuk menghindari kondisi seperti itu, Anda dapat memperhatikan tips di bawah ini untuk memperbaiki kondisi bibir seperti itu:

1. Menggunakan Lip Balm

Pastinya, Anda sebagai wanita tidak asing lagi dengan produk kecantikan bahkan kesehatan yang satu ini. Namun, Anda jangan salah pilih kandungan utamanya. Lip balm yang mengandung mentol atau bahan mint lainnya, dapat membuat bibir Anda lebih pecah-pecah daripada sebelumnya.

Anda dapat mencari lip balm yang mengandung bahan-bahan yang menenangkan dan melembabkan di apotek dan toko kesehatan, seperti minyak bumi, lanolin, Lilin lebah, dan ceramides. Hal ini seperti yang dilansir dari Medical News Today.

2 dari 4 halaman

2. Mencoba Pengobatan Bibir yang Alami

Anda juga dapat mengatasi kondisi bibir yang kering dengan menggunakan beberapa bahan yang berasal dari dapur. Tentunya bahan-bahan ini harus menenangkan dan melembabkan bibir yang pecah-pecah.

Lidah Buaya, misalnya, Anda dapat menggunakan gel lidah buaya yang mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan anti-inflamasi sehingga dapat menenangkan dan menghidrasi permukaan bibir yang rusak.

Minyak kelapa, minyak yang dihasilkan dari daging kelapa ini dapat melawan peradangan dan merupakan emolien yang dapat menenangkan juga dan melembutkan permukaan bibir.

Tak dapat dimungkiri, madu memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Madu dapat dijadikan perawatan yang baik untuk bibir yang kering. Dengan kandungan antioksidan dan sifat antibakterinya, madu dapat membantu Anda mencegah infeksi berkembang di bibir yang pecah-pecah.

Ternyata, salah satu khasiat mentimun adalah dapat membantu Anda untuk melembabkan bibir. Kandungan vitamin dan mineralnya dapat memperbaiki penampilan bibir.

Dengan kandungan yang kaya antioksidan, mineral, dan polifenol, teh hijau dapat mengurangi peradangan, melembutkan, dan menghilangkan kulit kering yang berlebihan pada bibir.

3 dari 4 halaman

3. Mengeksfoliasi Bibir

Biasanya orang yang mengalami bibir yang pecah-pecah akan menggunakan scrub yang mengandung gula dan soda kue untuk mengelupaskann kulit kering tersebut dengan lembut.

Anda dapat mengunakan scrub yang mengandung bahan alami untuk menenangkan dan melembabkan bibir. Anda dapat menemukannya di toko kesehatan atau kecantikan.

4. Berhenti Merokok

Asap tembakau dapat mengiritasi kulit sensitif di sekitar bibir sehingga menyebabkan kering dan cenderung pecah-pecah. Selain itu, merokok dapat menyebabkan masalah lain di mulut, seperti sariawan dan sakit gusi.

Bisa jadi, sebagian orang telah memperhatikan bahwa bibir yang pecah-pecah menjadi lebih baik setelah mereka berhenti merokok, saat permukaan bibir mulai menunjukkan kondisi yang baik.

5. Tetap Terhidrasi

Dehidrasi merupakan penyebab utama dari bibir kering atau pecah-pecah. Sebagian orang mungkin tidak memperhatikan ketika mereka sedang dehidrasi sehingga bibir menjadi kering.

Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang dibutuhkan. Hal ini yang dapat menyebabkan permukaan kulit bibir menjadi kering. Anda dapat mengatasinya dengan minum lebih banyak cairan dan usahakan agar lingkungan di rumah Anda tetap lembab. Hal ini sesuai dengan lansiran dari Mayo Clinic.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bibir Kesemutan, Apa Penyebabnya?
Artikel Selanjutnya
Obsesi Miliki Bibir Terbesar di Dunia, Wanita Ini Lakukan Injeksi 17 Kali