Sukses

Berapa SPF Sunblock yang Mempan Cegah Penuaan Dini?

Liputan6.com, Jakarta Dokter kulit dan kecantikan dari Miracle Aesthetic Clinic Kelapa Gading, Wahyu Iskandar, mengingatkan bahwa paparan sinar matahari merupakan faktor luar yang menyebabkan penuaan dini.

Oleh sebab itu, penggunaan sunblock atau produk pelindung kulit sangat dianjurkan. Untuk memeroleh manfaat yang luar biasa itu, Wahyu menganjurkan agar menggunakan sunblock sedari sekarang, jangan menunggu usia 30 dulu.

"Di usia 20 sangat saya sarankan untuk mulai melindungi kulitnya dari paparan sinar matahari dengan rajin memakai sunblock," kata Wahyu dalam sebuah diskusi di World Trade Centre (WTC) 3, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat belum lama ini.

Saat akan membeli sunblock, lanjut dia, pilihlah produk dengan SPF (sun protection factor) yang tinggi. Menurut Wahyu, dengan SPF yang tinggi, fungsinya dalam melindungi kulit akan berlangsung lama.

"SPF yang 50 cukup. Sebab, semakin tinggi SPF, semakin lengket di kulit," ujarnya. Meskipun proteksinya semakin kuat pula.

2 dari 3 halaman

SPF Pada Sunblock

Matahari memiliki dua jenis sinar, UVA dan UVB. Dari kedua jenis tersebut, yang harus diwaspadai adalah paparan UVA atau sinar yang dapat merusak kulit. 

Wahyu, menjelaskan, guna terhindar dari masalah kesehatan yang disebabkan paparan sinar UVA, pilih sunblock yang di botolnya tercantum kode PA+++. 

Menurutnya, kode tersebut memiliki arti dapat memberikan perlindungan yang tinggi. Dalam pengaplikasiannya, cukup dengan mengambil seukuran pasta gigi untuk gosok gigi.

"Besarnya seperti pasta gigi untuk orang dewasa. Sedikit banget kan itu. Pakai setiap empat jam sekali," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Bahan Perawatan Kulit Ini Ampuh Cegah Penuaan Dini
Artikel Selanjutnya
Cerita Menyentuh Kurir Diberi Sunscreen oleh Orang Asing