Sukses

Berapa Tambahan Usia Jika Jalani Gaya Hidup Sehat?

Liputan6.com, Jakarta Penelitian mengingatkan kita bahwa memiliki gaya hidup sehat, seperti olahraga secara teratur, makan makanan yang sehat, tidak merokok, dan mempertahankan berat badan ideal dapat membantu panjang umur.

Dilansir dari Time, sebuah penelitian pada 2018 oleh sekelompok peneliti internasional yang dipimpin oleh ilmuwan Harvard T.H. Chan School of Public Health menemukan bahwa seseorang yang memiliki kebiasaan gaya hidup sehat dapat memperpanjang harapan hidup sebesar 14 tahun untuk wanita dan 12 tahun untuk pria.

Pada sebuah penelitian British Medical Journal yang diterbitkan pada Januari melaporkan bahwa gaya hidup sehat memang dapat berkontribusi dalam waktu harapan hidup yang lebih lama.

"Penting untuk memikirkan hidup yang bebas dari penyakit karena memiliki implikasi penting dalam meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi biaya perawatan," kata Frank Hu, ketua Departmen of Nutrition di Harvard T.H. Chan School od Public Health.

Hu juga menambahkan bahwa  memperlama usia tidaklah cukup. Ia mengatakan untuk turut memperpanjang rentang kesehatan, sehingga memiliki harapan hidup yang lebih lama untuk sehat dan bebas dari penyakit kronis. 

2 dari 3 halaman

Memulai Gaya Hidup Sehat

Tidak perlu datang ke tempat fitnes untuk melakukan gaya hidup sehat, bisa dengan cara-cara yang sederhana untuk dilakukan kapan saja. Berikut contohnya:

  • Ganti camilan yang tidak sehat dengan pilihan yang lebih sehat setiap harinya.Berkomitmen untuk memasak makanan sendiri setidaknya dua hari per minggu.
  • Gunakan waktu setidaknya lima menit setiap hari untuk berolahraga. Jika sudah mulai terbiasa, tingkatkan waktunya menjadi sepuluh menit, begitu pun seterusnya.
  • Buang pemikiran-pemikiran negatif menjadi hal-hal yang positif.
  • Buat jadwal libur setelah selesai melakukan pekerjaan agar terbebas dari stres.

 

Penulis : Vina Muthi A.

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Sepatu Olahraga Ekstrim dan Lifestyle dengan Material Berkualitas
Artikel Selanjutnya
Cek 3 Fakta tentang Sarapan