Sukses

Punya Kacamata Khusus Lihat Gerhana Matahari Cincin, Cek Sebelum Dipakai

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang memiliki kacamata khusus untuk melihat gerhana matahari cincin, sebaiknya cek dulu sebelum dipakai. Cek kondisi kacamata tersebut masih bagus dan aman dipakai selama menyaksikan fenomena alam ini.

Rick Fienberg dari American Astronomical Society (AAS) menjelaskan, jangan langsung menggunakan kacamata khusus melihat gerhana matahari cincin tanpa memeriksa terlebih dahulu. Apabila ada goresan atau kerusakan lain, maka bukan aman yang diperoleh.

Anda bisa berisiko mengalami kerusakan mata jangka panjang atau permanen. 

"Iya, memang kacamata gerhana dapat digunakan kembali selama Anda memastikan bahwa kacamata tersebut masih dapat digunakan. Kacamata juga harus dalam kondisi baik," jelas Fienberg, dikutip dari Space, Kamis (26/12/2019).   

"Jika Anda pernah melihat gerhana matahari, mungkin mengumpulkan koleksi kacamata gerhana selama bertahun-tahun dengan berbagai logo terpampang di bagian samping. Koleksi kacamata dapat dipakai tapi sekali lagi, kondisi kacamata dalam keadaan baik."

Fenomena gerhana matahari cincin menjadi sorotan dunia, yang juga akan melewati Indonesia hari ini, Kamis (26/12/2019). Gerhana matahari cincin terjadi saat terhalangnya hampir semua bagian tengah piringan matahari oleh piringan bulan.

2 dari 3 halaman

Filter Halangi Sinar Ultraviolet

Menatap matahari lebih dari sepersekian detik dapat menyebabkan kerusakan permanen pada retina mata. Bahkan mengakibatkan kebutaan. 

Fienberg melanjutkan, peran kacamata gerhana matahari khusus sebagai pelindung. Ini karena kacamata khusus gerhana biasanya 100.000 kali lebih gelap dari kacamata hitam biasa dan dibuat menghalangi sinar ultraviolet matahari yang berbahaya.

"Jika Anda ingin menggunakan kembali kacamata gerhana lama, pastikan kacamata dibeli dari salah satu pabrikan yang punya standar kualitas tinggi. Kalau Anda tidak tahu pasti (dari perusahaan apa dibuat), maka buang kacamatanya. Jangan menggunakannya," tegasnya.

Kacamata gerhana matahari punya sertifikat ISO 12312-2.

"Selalu periksa filter surya sebelum digunakan. Bila terdapat goresan, tusukan, sobek atau rusak, buanglah," saran Fienberg.

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini: