Sukses

Tak Lagi Cinta ke Pasangan, Adakah Cara Tepat Mengungkapkannya?

Mengungkapkan bahwa Anda tidak lagi memiliki perasaan cinta pada pasangan bisa menjadi begitu sulit.

Liputan6.com, Jakarta Mengungkapkan bahwa Anda tidak lagi memiliki perasaan cinta pada pasangan bisa menjadi begitu sulit. Namun, apabila Anda merasa yakin bahwa kalian berdua tidak lagi berada di jalan yang sama, penting untuk membicarakannya.

"Cinta dan emosi bisa menjadi sangat sulit untuk dikomunikasikan. Tetapi jika Anda tahu pasti bahwa perasaan yang ada sudah menghilang, penting untuk bersikap jelas," ucap seorang psikolog, Joshua Klapow, seperti dilansir dari laman Elite Daily, Senin (23/12/2019).

Klapow menegaskan, janganlah menjadikan kondisi ini sebagai saat untuk berbohong mengenai perasaan Anda sendiri agar tidak menyakitinya. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengungkapkan perasaan tersebut. 

Bersikaplah jujur dan baik

"Ungkapkanlah jika memang Anda peduli padanya tapi jelaskan bahwa elemen cinta sudah tidak lagi ada. Jangan memberikan harapan palsu secara terus menerus padanya," ucap psikiater dan psikoanalis, Grant H. Brenner.

Tidak membahas terlalu jauh soal masa depan dan tetaplah positif pada keadaan saat ini merupakan hal yang bisa Anda lakukan. Berhati-hatilah dalam memberikan dukungan mengingat Anda menginginkan perubahan status hubungan. Jangan juga menarik diri secara berlebihan.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ungkapkan dengan jelas apa yang Anda inginkan

Selain memberi tahu pasangan bahwa Anda tidak mencintainya, Klapow menyarankan Anda untuk menjelaskan apa arti dari kejujuran yang Anda ungkapkan.

"Hanya mengatakan padanya bahwa Anda tidak lagi memiliki rasa tidak akan menggerakan situasi. Biarkan ia tahu mengapa Anda mengatakannya, jelaskan apakah Anda ingin putus atau mendiskusikan solusi apa yang terbaik untuk kedepannya," ucap Klapow.

Perubahan emosi

Pasangan mungkin merasakan berbagai emosi ketika Anda memberi tahunya. Ia mungkin bingung, terkejut, atau sedih. Ia juga mungkin akan meminta penjelasan mengenai alasan Anda tidak lagi mencintainya.

"Ia mungkin akan merespons dengan beberapa pertanyaan. Apa pun tanggapannya, ingatlah bahwa Anda baru saja menjatuhkan bom pada hatinya. Berikanlah waktu yang ia butuhkan untuk memproses semuanya," ucap Klapow.

 

3 dari 3 halaman

Jangan berasumsi buruk

Memberi tahu pasangan bahwa Anda tidak lagi mencintainya bukanlah sesuatu yang mudah, tetapi ada beberapa cara untuk membantu Anda mempersiapkannya dengan baik.

"Rencanakanlah tanpa terlalu memikirkan atau berasumsi terlalu jauh. Pikirkanlah bagaimana Anda harus mengatakannya dan menanggapi responsnya," ucap Brenner.

Meskipun ini adalah topik yang sulit untuk dibicarakan, ingatlah bahwa Anda dan pasangan sama-sama berhak untuk menemukan orang yang tepat.

Penulis: Diviya Agatha

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.