Sukses

Lakukan 3 Hal Ini untuk Kelola Kecemasan Sosial

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan orang baik anak-anak hingga orang dewasa yang masih merasa gugup dan tidak percaya diri bila berada di lingkungan sosial seperti berbicara di depan umum, melakukan panggilan telepon atau saat mencoba sesuatu hal yang baru.

Dalam situasi tersebut, biasanya timbul reaksi tubuh terhadap rasa takut seperti jantung berdetak lebih kencang, gemetar, dan berkeringat. Jika rasa takut dan malu melakukan kesalahan menghalangi anda secara berkelanjutan, berikut beberapa hal yang hal yang dapat anda coba sendiri untuk mengelola kecemasan sosial dilansir dari WebMD:

1. Jangan menghindari situasi tersebut

Para ahli sepakat bahwa menghindari situasi yang membuat kita merasa cemas sebenarnya malah bisa memperburuk keadaan dalam jangka panjang.

Rachel Busman, seolang psikolog di Child Mind Institute mengatakan bahwa saat kita keluar dan menghindari sesuatu yang tidak ingin dilakukan mungkin akan membuat kita merasa lebih baik pada saat itu. Namun rasa cemas akan kembali muncul pada saat berikutnya jika akan melakukan hal yang sama. Sehingga jika terus menghindar, hal-hal yang membuat gugup seperti berbicara dengan orang baru, memberikan presentasi tidak akan hilang.

 

2 dari 3 halaman

Ketika Panik Menyerang

2. Paksa diri sendiri untuk keluar dari zona nyaman

Walaupun meninggalkan zona nyaman bukanlah hal yang mudah, namun memutuskan untuk meninggalkan zona nyaman bisa menjadi pilihan yang sangat baik. Kecemasan cenderung akan hilang bila anda berani melakukan hal-hal yang menyebabkan munculnya rasa cemas. Jadi cobalah menghadapi hal-hal yang membuat anda takut.

“Kemungkinan terburuk yang anda takutkan tidak akan terjadi. Dan jika itu terjadi, kamu mungkin menemukan keterampilan untuk mengatasinya,” kata Dr. Busman.

Mulailah dengan hal-hal kecil yang menurut anda paling mudah. Mengikutsertakan teman atau anggota keluarga untuk menemani anda juga dapat dilakukan sebagai langkah awal untuk memulai mengatasi kecemasan.

Melakukan hal-hal yang membuat anda cemas sebenarnya dapat memperluas kemampuan anda untuk menanganinya. Ketika semakin sering anda terlibat dengan hal-hal yang membuat anda takut maka anda akan mendapati bahwa hal tersebut semakin mudah bagi anda seiring dengan berjalannya waktu.

 

3 dari 3 halaman

Santai untuk Mencegah Cemas

3. Bersantai

Berolahraga dan melakukan hal-hal seperti yoga dapat membantu membuat anda dapat lebih tenang. Selain itu kurangi juga konsumsi minuman bersoda dan minuman berkafein seperti kopi. Ini karena pada beberapa orang kafein dapat membuat cemas.

Jika keluar dari zona nyaman dan mencoba melawan hal-hal yang membuat anda merasa cemas adalah hal yang menyulitkan, maka Dr. Busman mengatakan bahwa tempat untuk mencoba untuk bicara itu adalah dengan orangtua. Katakan pada orangtua tentang apa yang anda rasakan dengan sebenar-benarnya.

“Kecemasan adalah sesuatu yang dapat kamu dapatkan bantuannya, tetapi memberitahu seseorang bahwa kamu membutuhkannya adalah langkah pertama,” kata Dr. Busman.

Penulis: Winda Nelfira

Loading
Artikel Selanjutnya
Media Sosial Kerap Bikin Ibu-Ibu Milenial Cemas
Artikel Selanjutnya
Alasan Orang yang Gampang Cemas Suka Nonton Film Horor (1)