Sukses

Beli Telur yang Aman Dikonsumsi, Ini Tipsnya

Masyarakat pun bisa memilih produk telur dengan melihat NKV-nya. Apa itu?

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, banyak telur yang dijual di swalayan atau pasar sudah berada dalam kemasan. Masyarakat pun harus lebih pandai dalam memilih produk hewani semacam ini.

Dokter hewan Wayan Wiryawan mengungkapkan, salah satu tips dalam memilih produk telur yang baik adalah dengan melihat NKV atau Nomor Kontrol Veteriner. Ini berlaku juga untuk produk susu dan daging.

"Jadi sudah dapat nomor untuk mengontrol bahwa peternakan sudah menerapkan good farming practice, diawasi oleh veteriner atau dokter hewan," kata Wayan ketika ditemui Kamis pekan lalu di Jakarta, ditulis Selasa (19/11/2019).

Wayan mengatakan, apabila produk hewani sudah memiliki NKV, proses produksi telur, susu, dan daging sudah benar dan menjamin bahwa mereka sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Telur

Lebih lanjut, Wayan yang juga anggota dari Asosiasi Dokter Hewan Perunggasan Indonesia itu mengatakan bahwa telur sesungguhnya makanan yang sangat bermanfaat bagi seseorang. Bahkan menurutnya, nilai gizinya bisa lebih tinggi daripada beberapa makanan laut.

"Telur itu sumber kehidupan. Kita bisa ada di sini juga karena ada telur dari ibu kita, jadi lengkap," ujarnya.

"Sehingga kalau kita bisa rutin mengonsumsi telur, terutama kalau itu benar-benar sehat dan dihasilkan dari peternakan yang menerapkan good farming practice," kata Wayan menambahkan.

Dikutip dari Webmd, selain protein, telur memang mengandung beberapa kandungan lain seperti selenium, fosfor, vitamin B 12, dan antioksidan. Selain itu, makanan ini juga berguna untuk mempertahankan kolesterol dan menyehatkan bagi jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.