Sukses

Selain Usia, Ketahui Faktor Lain Penyebab Mata Kering

Liputan6.com, Jakarta Mata mempunyai tiga lapisan dasar yang terdiri dari minyak, air, dan lendir. Jika salah satu diantaranya mengalami masalah maka akan menyebabkan mata kering. Untuk itu dibutuhkan air mata yang cukup agar mata tetap lembap dan terlindungi dari infeksi.

Kondisi mata kering umumnya terjadi pada orang yang berusia lebih dari 50 tahun. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya produksi air mata seiring dengan bertambahnya usia.

Dibandingkan pria, wanita lebih sering mengalami kurang air mata, terutama setelah menopause seperti dilansir Live Science, Senin (18/11/2019).

Ada banyak hal yang dapat membuat mata kering. Lapisan luar air mata mengandung minyak lemak. Jika kelenjar minyak tidak menghasilkan minyak yang cukup, lapisan berair akan menguap dengan cepat sehingga mata menjadi kering.

Sedangkan lapisan tengah sebagian berisi air dengan sedikit garam. Lapisan tengah diproduksi oleh kelenjar air mata yang dapat membersihkan mata. Jika kelenjar air mata tidak cukup membuat mata berair, maka mata akan menjadi kering.

Selanjutnya terdapat lapisan lendir, membantu menyebarkan air mata dengan merata ke seluruh permukaan mata. Bintik-bintik yang terbentuk di permukaan depan mata menjadi tanda mata tidak mempunyai lendir yang cukup.

 

2 dari 3 halaman

Peradangan

Mata yang menjadi kering dapat disebabkan karena adanya peradangan dan penyakit yang mengubah air mata. Kondisi ini seringkali disebabkan oleh efek samping dari beberapa obat seperti antihistamin, dekongestan hidung, obat penenang, obat parkinson, pil KB, dan obat antidepresi.

Faktor lain yang membuat mata kering juga terjadi bila jarang berkedip ketika menatap layar komputer. Selain itu, alergi juga seringkali dikaitkan dengan kondisi mata yang menjadi kering. 

 

Memakai lensa kontak dalam jangka waktu yang lama juga beresiko menjadikan mata kering. Tak hanya itu, orang yang pernah menjalani LASIK atau pembedahan refraktif sejenis juga mungkin mengalami mata kering.

Mata kering dapat menjadi masalah serius jika dibiarkan begitu saja. Mata kering dapat merusak kornea mata, permukaan bening pada mata, serta dapat merusak pelindung yang menutupi bagian mata yang berwarna.

Meski berbahaya, kehilangan penglihatan secara permanen akibat mata kering jarang ditemukan.

 

Penulis: Winda Nelfira

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

  • Mata kering adalah suatu gangguan pada permukaan mata yang ditandai dengan ketidakstabilan produksi dari lapisan air mata.
    Mata Kering
  • Mata
Loading
Artikel Selanjutnya
Teman Lempar Pensil, Mata Remaja Inggris Nyaris Buta
Artikel Selanjutnya
3 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak