Sukses

Gunakan Gadget 15 Jam Per Hari, Raditya Dika Mengalami Mata Kering

Liputan6.com, Jakarta - Kesibukan sehari-hari mengharuskan seorang penulis, komedian, sutradara, dan pembuat konten, Raditya Dika menggunakan gawai (gadget) secara terus menerus. Alhasil, dia jadi mengalami mata kering.

Dalam sebuah diskusi dengan tema Kenali Gejalanya dan Atasi Mata Kering pada Rabu, 11 September 2019, Raditya Dika mengatakan bahwa dirinya pertama kali menyadari mengalami mata kering pada 2003.

Saat itu, seniman yang memiliki puluhan juta pengikut (follower dan subscribers) di media sosial dan Youtube paling banyak di Indonesia ini masih berstatus mahasiswa di Australia.

"Waktu itu gue masih nge-blog. Tiba-tiba mata jadi berat, sepet, dan perih juga. Waktu periksa, kata dokter kedipnya kurang maksimal," kata Raditya Dika.

 

2 dari 3 halaman

Jarang Kedip Bisa Sebabkan Mata Kering

Menurut dokter spesialis mata dari Jakarta Eye Center (JEC) yang hadir pada kesempatan itu, Nina Asrini Noor, mengedipkan mata harus sering dilakukan guna mengurangi risiko mata kering. 

Mengedipkan mata yang sempurna, lanjut Nina, terjadi ketika kelopak mata atas dan bawah bersentuhan. 

Lebih lanjut, mata kering adalah suatu kondisi saat lapisan air mata mengalami ketidakstabilan, yang menyebabkan kualitas dan kuantitas air mata menjadi terganggu.

Kondisi mata kering yang kronis dapat memberikan dampak pada kehidupan sehari-hari, dan sebagian besar tidak disadari. Nina mengatakan bahwa mata kering dapat disebabkan oleh banyak faktor, termasuk paparan AC dan penggunaan komputer atau gawai terlalu lama.

"Penyebab semakin banyaknya orang yang mengalami mata kering ini karena aktivitas visual yang menggunakan penglihatan. Betul sekali yang disampaikan Radit bahwa faktor berkedip itu sangat penting untuk menjaga air mata dan permukaan mata kita," ujar Nina.

 

 

3 dari 3 halaman

Raditya Dika dan Mata Kering

Hal itu yang dulu dirasakan Raditya Dika. Bahkan sampai sekarang, penulis novel Kambing Jantan tersebut masih belum bisa menghilangkan kebiasaan itu.

"Mata kering ini berulang terus karena satu hari gue pake gadget bisa 15 jam. Hal yang gue lakukan ketika bangun tidur itu langsung cek hp, ditambah lingkungan kayak AC di kamar," kata Radit.

Raditya Dika mengaku dirinya biasa memejamkan mata sejenak bila mengatasi kondisi mata kering.

Nina menambahkan, apabila Anda melakukan kegiatan menggunakan visual dengan perhatian yang tinggi, alam bawah sadar Anda pasti lupa untuk berkedip. Frekuensi berkedip menjadi turun dan menjadi faktor penyebab mata kering.

Penulis: Diviya Agatha

Loading
Artikel Selanjutnya
Kena Gejala Mata Kering, Raditya Dika Masih Pakai Gadget 15 Jam Sehari
Artikel Selanjutnya
Terlalu Lama Menatap Gawai dan Faktor Lain yang Bikin Mata Kering