Sukses

Menko PMK Muhadjir Temui Menkes Terawan Bahas Stunting

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto membahas penanganan stunting. Pembahasan tersebut dalam rapat tertutup kemarin (4/11/2019) di Gedung Kementerian Kesehatan RI, Jakarta.

Dalam rapat tertutup, Muhadjir menjelaskan, fokus stunting berada di ranah Kementerian Kesehatan. Tapi juga akan melibatkan banyak pihak.

"Ini tak lepas dari peranan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kementerian Dalam Negeri menjadi sangat strategis," jelas Muhadjir dalam keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Selasa (5/11/2019).

Muhadjir juga menambahkan, akan ada koordinasi di bawah Kemenko PMK. Selain itu, penanganan stunting juga akan melibatkan kementerian di luar Kemenko PMK.

2 dari 3 halaman

Stunting dan Sanitasi Lingkungan

Kasus stunting dan sanitasi lingkungan ternyata menjadi faktor yang sangat penting. Sanitasi yang buruk dapat menimbulkan berbagai penyakit dan gizi buruk, yang mana anak berisiko stunting.

"Maka, saya akan ada berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Karena berkaitan dengan ketersedian air bersih” ujar Muhadjir.

Tak hanya membahas stunting, Muhadjir dan Terawan juga membicarakan berbagai isu strategis di antaranya BPJS Kesehatan, harga obat tinggi, dan penggunaan alat-alat kesehatan dalam negeri. 

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Polemik Wacana Sertifikasi dan Kelas Pranikah
Artikel Selanjutnya
Tekan Stunting, Garut Dapat Kucuran Dana Rp44 Miliar