Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Disfungsi Ereksi Menghantui Pria dengan Psoriasis?

Liputan6.com, Jakarta - Pria dengan masalah kulit psoriasis disebut berisiko mengalami disfungsi ereksi. Mengapa bisa begitu?

Studi tentang disfungsi ereksi pada pria penderita psoriasis pernah dilakukan para peneliti di Guangdong Provincial Dermatology Hospital. Studi menunjukkan bahwa pria penderita psoriasis berisiko besar terkena disfungsi ereksi.

Penelitian tersebut melibatkan 191 partisipan, yang terdiri dari pria dengan psoriasis dan pria tanpa psoriasis. Hasilnya menunjukkan, sebanyak 53 persen pria yang mengalami psoriasis memiliki masalah disfungsi ereksi.

 

2 dari 2 halaman

Disfungsi Ereksi pada Pria Sehat

Sementara itu, pada kelompok pria yang sehat, sebanyak 40 persen mengaku mengalami masalah disfungsi ereksi. Tapi yang lebih mengejutkan, pria dengan psoriasis lebih cenderung mengalami disfungsi ereksi yang cukup parah.

Aterosklerosis, yang memengaruhi pembuluh darah panggul, dianggap sebagai penyebab utama disfungsi pada pria. Selain faktor vaskular (pembuluh darah), gaya hidup dan faktor psikososial juga dapat menjelaskan adanya disfungsi ereksi pada penderita psoriasis.

Selain itu, gangguan hormonal mungkin menjadi alasan untuk fungsi ereksi yang terganggu. Pria penderita psoriasis menunjukkan penurunan kadar testosteron total dan peningkatan kadar estradiol.

Meski demikian, selain karena penyakit psoriasis, masalah disfungsi ereksi juga berkaitan erat gangguan kesehatan lainnya. Sebut saja obesitas dan juga masalah pada organ kardiovaskular.

Penulis : dr. Bobtriyan Tanamas / Klik Dokter

Loading
Artikel Selanjutnya
Penis Tidak Ereksi di Pagi Hari Tak Perlu Khawatir?
Artikel Selanjutnya
Penis Tak Bangun di Pagi Hari Tanda Disfungsi Ereksi?