Sukses

Awas, Cemburu Berlebihan Bisa Rusak Hubungan

Liputan6.com, Jakarta Cemburu memang bumbu sebuah hubungan tapi bila berlebihan malah merusak hubungan. Lebih baik, jaga kadar cemburu Anda atau pasangan. 

Menurut terapis hubungan Gary Brown, cemburu memang hal yang umum dalam sebuah hubungan tapi ada kalanya perasaan itu bisa menjadi sumber masalah yang lebih besar. Anda patut berwaspada jika emosi itu mengancam hubungan, yakni saat pasangan terlalu posesif dan selalu mengatur.

Anda juga perlu waspada bila cemburu menjadi topik utama yang selalu muncul saat bertemu atau berkomunikasi seperti disampaikan Brown dikutip Elite Daily, Sabtu (26/10/2019). 

Bila Anda dan pasangan merasa hal-hal di atas, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi cemburu yang berlebihan:

1. Bicarakan dengan pasangan

Brown menjelaskan bahwa cara terbaik untuk mengatasi kecemburuan adalah berkomunikasi dengan terbuka. Saat berdiskusi pastikan pikiran terbuka dan informasikan ke pasangan bahwa dia boleh mengekspresikan perasaan.

"Hal terpenting adalah untuk menciptakan suasana yang aman untuk membicarakan isi pikiran Anda dan pasangan terkait rasa cemburu itu," saran Brown.

Bisa jadi satu atau dua kali diskusi tidak membuat masalah selesai. Mungkin perlu beberapa kali lagi. 

 

2 dari 3 halaman

2. Cari Akar Kecemburuan

Tujuan pembahasan itu adalah untuk mengetahui sumber yang membuat rasa cemburu. "Coba cari apa yang memicu rasa cemburu. Apakah ada pengalaman buruk sebelumnya? Apakah pernah diselingkuhi? Apakah mereka punya masalah kepercayaan?" kata Brown.

Setelah menemukan inti masalah penting untuk memberikan keyakinan pada mereka. Terapis pasangan itu juga menyarankan untuk membuat batasan yang sehat agar kecemburuan itu tidak merusak hubungan.

Jika tidak ada perubahan

Dengan berkomunikasi, masalah cemburu tersebut seharusnya bisa selesai dengan baik. Namun, jika pasangan tidak menunjukkan perubahan setelah dibicarakan berulang kali, maka Brown menyarankan untuk mencari bantuan dari pihak luar.

"Jika kondisinya masih belum ada perubahan dan pasangan masih belum merasa aman, maka sudah waktunya mencari bantuan dari konselor pasangan. Agar Anda dan pasangan bisa mencari jalan keluarnya," saran Brown.

Penulis : Selma Vandika

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

Loading
Artikel Selanjutnya
Top 3 Berita Hari Ini: Alasan Orang Korea Makan Ramyun di Tutup Panci
Artikel Selanjutnya
3 Cara Mengobati Rasa Cemburu, Apa Saja?