Sukses

Tekan Angka Kebutaan, Operasi Katarak Gratis Dilakukan

Liputan6.com, Jakarta - Dalam upaya menekan angka kebutaan, organisasi International Agency for the Prevention of Blindness (IAPB) menyelenggarakan atau Hari Penglihatan Sedunia atau World Sight Day (WSD) setiap tahunnya yang jatuh setiap Kamis kedua di bulan Oktober.

Mata adalah jendela dunia yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Kerusakan penglihatan menyebabkan turunnya produktivitas seseorang, dan bahkan masa depan seseorang. Namun, lebih dari 80 persen kerusakan penglihatan dan kebutaan masih dapat dicegah dan direhabilitasi melalui tindakan operasi,” kata Kepala Bedah Refraktif JEC dan Direktur Utama JEC Menteng, Dr Setiyo Budi Riyanto SpM(K).

Menurut Setiyo, setelah melalui tindakan katarak dan penyembuhan, pasien terbukti mendapatkan kembali ketajaman penglihatan dan bebas dari ketergantungan bantuan orang lain.

“Sehingga dapat dikatakan tindakan operasi  katarak meningkatkan produktivitas pasien, bila dibandingkan kondisinya sebelum menjalani operasi,” Setiyo menambahkan seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Sabtu, 19 Oktober 2019.

 

2 dari 2 halaman

Kegiatan Bakti Katarak

JEC Eye Hospitals & Clinics secara konsisten membantu masyarakat Indonesia dalam mendapatkan akses terhadap layanan kesehatan mata berkualitas. Melalui kegiatan bakti katarak yang telah menjadi tradisi rutin tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR).

Tahun ini, Bakti Katarak JEC Eye Hospitals & Clinics merayakan Hari Penglihatan Mata di tiga klinik utama mata JEC; JEC Cibubur, JEC Cinere dan JEC Bekasi bekerjasama dengan PT Bukaka Teknik Tbk.

"Kami berharap kemitraan ini dapat terus terjalin dan semakin banyak lagi mitra kerja yang terlibat, sehingga dapat memperkecil jumlah penderita katarak di Indonesia,” kata Ketua Panitia Bakti Katarak 2019 dan Kepala Klinik Utama Mata JEC Cibubur, Dr Emma Rusmayani, SpM.

Kegiatan Bakti Katarak merupakan salah satu upaya JEC dalam mempermudah masyarakat kurang mampu, khususnya penderita katarak untuk mendapatkan penanganan operasi katarak yang berkualitas tanpa membebani mereka dengan biaya operasi.

Loading
Artikel Selanjutnya
Katarak, Gangguan Penglihatan yang Mungkin Muncul Ketika Menua
Artikel Selanjutnya
WHO: 2,2 Miliar Penduduk Dunia Punya Gangguan Penglihatan