Sukses

Cek, Tips Berikan Edukasi Seks Sesuai Tahapan Usia Anak

Psikolog klinis memberikan tips edukasi seks yang bertahap sesuai usia anak

Liputan6.com, Jakarta Memberikan edukasi seks dan kesehatan reproduksi sangat penting bagi anak di masa kini. Namun, seringkali orangtua kebingungan bagaimana tahapan untuk mengajarkan mereka tentang hal itu.

Ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu, Inez Kristanti, psikolog klinis dari Angsa Merah, memberikan sedikit tips mengenai tahapan edukasi seks yang sesuai dengan usia anak.

1. Usia 1 hingga 2 Tahun

Inez mengatakan, di usia satu sampai dua tahun, anak sudah mulai mengerti tentang bahasa dan kata-kata. Di tahap ini, edukasi seks bisa dimulai dengan mengajarkan tentang organ tubuh, termasuk organ seksual.

"Kita juga perlu mengajarkan itu dengan nama sebenarnya. Biasanya kita pakai kata 'burung' atau bahasa daerah, terkadang disamarkan. Nah itu seharusnya sudah diberikan bahasa yang sebenarnya, ini penis, ini vagina," kata Inez, ditulis Minggu (21/7/2019).

"Dari situ kita mulai menormalisasi pembicaraan seksualitas dengan anak."

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belajar Mengenal Organ Seksual

2. Usia 3 sampai 5 Tahun

Kemudian, di usia sekitar tiga sampai lima tahun, orangtua juga harus mulai sadar dan waspada tentang banyaknya pelecehan seksual yang kerap terjadi. Maka dari itu, mereka harus diajarkan tentang bagian-bagian tubuh yang bersifat personal.

"(Misalnya) ini lho bagian tubuh yang tidak boleh disentuh orang lain," kata Inez menambahkan. Selain itu, jelaskan juga fungsi-fungsinya.

3. Usia Lima hingga 8 Tahun

Lalu, di usia lima hingga delapan tahun, anak sudah mulai bersosialisasi dengan teman sebayanya serta mengenal tentang jenis kelamin. Di situ, mereka sudah bisa diberikan edukasi seputar gender.

"Kemudian juga terkait citra tubuh, terkait bagaimana mencintai diri kita sendiri, menghargai diri kita sendiri."

 

 

3 dari 4 halaman

Jelang Usia Remaja

4. Usia 8 sampai 12 Tahun

Hingga 12 tahun, anak sudah memasuki menjelang pubertas. Di sini, orangtua harus mengajarkan tentang kondisi itu serta perubahan yang akan terjadi.

"Memang pembicaraan terkait ini akan lebih baik jika diberikan oleh orangtua yang jenis kelaminnya sama dengan anak. Ibu memberikan edukasi pada anak perempuan, ayah memberikan edukasi pada anak laki-laki," Inez merekomendasikan.

"Tapi bukan berarti menutup kemungkinan yang lain juga terlibat. Tapi juga tetap yang memberikan pesan yang sesuai jenis kelaminnya, tapi sebaiknya yang ideal, ayah dan ibu terlibat."

Di usia tersebut, mereka juga mulai aktif secara seksual. Orangtua harus bisa membicarakan tentang hal-hal tersebut. Beberapa di antaranya seperti gairah seks serta munculnya ketertarikan dengan lawan jenis.

 

4 dari 4 halaman

Menjadi Teman bagi Anak

5. Memasuki Usia Remaja

Di usia lebih lanjut, anak sudah memasuki usia remaja. Sehingga, orangtua harus mulai menjadi teman untuk bicara soal seks pada mereka.

"Jadi kalau sebelumnya lebih ke memberikan informasi tapi tetap berkomunikasi, informasi dua arah, di usia remaja peran paling krusial adalah menjadi teman," kata Inez.

Di sini, ketika anak bicara tentang seks, orangtua tidak boleh memberikan penghakiman padanya. Inilah yang harus dihindari.

"Jadi kita menjadi teman yang bisa berdiskusi dua arah."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.