Sukses

Gatal Berkepanjangan, Dokter Temukan Kutu Rusa pada Mata Pria Ini

 

Liputan6.com, Jakarta - Ketika mata terasa gatal secara otomatis kita akan mengucek untuk mengeluarkan debu atau apa saja yang mengenainya.

Begitu pun dengan pria dari Kentucky, Amerika Serikat ini. Ketika mata terasa gatal saat sedang melakukan pekerjaannya, dia langsung menguceknya.

Namun, pria yang disebut bernama Chris Prater, seorang pekerja di perusahaan listrik, masih juga merasa gatal yang membuat dia ingin terus mengucek mata.

Chris lalu meminta tolong manajer keselamatan kerja untuk memeriksa matanya. Sang manajer menemukan secuil benda yang bikin Chris syok.

 

2 dari 4 halaman

Kutu Rusa pada Mata

 

Benda itu berukuran kecil berwarna hitam. Sang manajer menyebut benda itu seperti kutu karena terlihat bergerak. 

"Masalnya adalah saya tidak ingin ke dokter. Kalau seperti ini, saya terpaksa pergi karena takut iritasi," kata Chris seperti dikutip dari Prevention pada Sabtu, 20 Juli 2019.

Chris pun pergi menemui dokter mata. Setelah diperiksa, dokter membenarkan bahwa benda berukuran kecil itu adalah kutu. Dokter mata tersebut menyebutnya kutu rusa. Hal itu sempat membuat Chris takut.

Dokter langsung mengangkat kutu dari mata Chris dengan pinset. "Begitu dia meraihnya dan menarik kutunya keluar, terdengar suara letupan kecil dari mataku," Chris bercerita.

Pria itupun pulang dengan resep antibiotika dan obat tetes steroid untuk matanya dan sekarang sedang dalam pemulihan.

 

3 dari 4 halaman

Kata Pakar Soal Kutu yang Masuk ke Mata

 

Vivian Shibayama, seorang ahli kacamata dari UCLA Health mengatakan bahwa sangat jarang kutu dapat masuk ke mata. Pada sebagian besar kasus kutu di area mata terjadi ketika mereka menempel pada kelompak mata bukan bola mata.

Kutu dapat ditemukan tempat aneh seperti di bawah lengan, di dalam pusar, di belakang lutut, atau di antara kaki yang notabene hangat bahkan terdapat pada rambut atau telinga. Baru-baru ini dokter bahkan menemukan kutu yang tertanam di gendang telinga anak laki-laki di tahun 2019.

Benjamin Bert, dokter mata di pusat medis Memorial Care Orang Coast di California, mengatakan, "Walaupun kutu di bola mata jarang terjadi tetapi lalat buah atau agas yang masuk ke mata mungkin saja terjadi," kata dia

"Secara keseluruhan, orang-orang diharapkan baik-baik saja setelah kasus ini, tetapi kemungkinan akan memiliki risiko berbahaya jika kutu terdapat dalam kornea atau bagian putih mata. Itu bisa mengancam penglihatan," Dokter Randy McLaughlin, dokter spesialis mata di The Ohio State University Wexner Medical Center, menambahkan.

 

4 dari 4 halaman

Cara Atasi Kutu Yang Masuk Ke Mata

 

Para ahli merekomendasikan untuk membersihkan kutu dari mata menggunakan pinset berujung halus, tetapi tidak dianjurkan untuk melakukannya di rumah. Walaupun relatif mudah, tapi susah bagi seseorang tanpa menggunakan mikroskop jelas Vivian.

Benjamin menyarankan untuk membilas mata dengan pencuci mata atau air untuk mengeluarkan kutu dari mata. Jika tidak berhasil dan Anda merasakan kutu masih berada pada mata, hubungi dokter mata.

Dokter Aaron Zimmerman, profesor optometry klinis di The Ohio State University juga mengatakan, "Jika ditangani dengan cepat, akan sangat mudah untuk membersihkannya dengan irigasi, kapas, atau sepasang forceps," ujarnya. 

Jika dibiarkan terlalu lama akan memungkinkan untuk melakukan prosedur yang lebih rinci seperti operasi untuk menghilangkannya.

Penulis: Febrianingsih Alamako

Loading
Artikel Selanjutnya
Cegah Kantung Mata Bengkak, Lakukan 7 Hal Ini Sekarang Juga
Artikel Selanjutnya
Mengeluh Mata Selalu Gatal, Ternyata Kutu Hidup di Kornea Pria Ini