Sukses

10 Tahun Sakit Perut, Ada Cacing Parasit 30 cm dalam Perut Wanita

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita di Tiongkok merasakan sakit perut selama lebih dari 10 tahun. Operasi yang dilakukannya mengungkapkan bahwa hal itu disebabkan oleh cacing parasit dalam ususnya.

Fox News melaporkan bahwa wanita itu kerap pergi ke dokter untuk mengatasi sakit perutnya. Namun, berbagai upaya yang dia lakukan gagal karena mereka tidak bisa mendeteksi keberadaan cacing dalam tubuh perempuan 41 tahun itu.

Melansir Science Alert pada Senin (1/7/2019), dia akhirnya melakukan bedah untuk melihat kondisi yang dideritanya. Setelah operasi, baru diketahui jika kondisinya dikarenakan adanya cacing parasit sepanjang 1 kaki atau sekitar 30 sentimeter.

"Saya tidak bisa mempercayai mata saya," kata Li Juan, dokter bedah yang melakukan operasi pada pasien itu pada AsiaWire.

2 dari 3 halaman

Konsumsi Air yang Tidak Bersih

Li Juan mengatakan, usus wanita itu memiliki kondisi ideal bagi cacing parasit untuk tumbuh. Tes yang dilakukan mendiagnosis paisen menderita ascariasis, infeksi parasit yang terjadi ketika seseorang menelan makanan atau air liur yang terinfeksi telur parasit.

Li Juan tidak tahu bagaimana wanita itu bisa terinfeksi. Ada kemungkinan, dia mengonsumsi produk yang tidak bersih atau mengandung telur parasit yang sulit dilihat. Hal ini ditegaskan dengan pengakuan pasien, bahwa dia minum air yang tidak direbus.

Centres for Disease Control (CDC) menyatakan, sekitar 1,2 miliar orang di seluruh dunia menderita ascariasis. Penyakit ini jarang menunjukkan gejala, kecuali sakit perut. Maka dari itu, dibutuhkan diagnosis lewat uji sampel tinja.

CDC merekomendasikan Anda untuk rajin cuci tangan dan membersihkan makanan dengan seksama, agar terhindar dari infeksi cacing serta ascariasis.

3 dari 3 halaman

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Cacing Parasit Merangkak dan Bertelur di Kelamin Pria